EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERILAKU NUSYUZ DAN KEKERASAN ISTRI TERHADAP SUAMI DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN MAMBULAU KECAMATAN KAPUAS HILIR KABUPATEN KAPUAS)

Fahrinor, Fahrinor (2022) PERILAKU NUSYUZ DAN KEKERASAN ISTRI TERHADAP SUAMI DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI KELURAHAN MAMBULAU KECAMATAN KAPUAS HILIR KABUPATEN KAPUAS). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku nusyuz dan kekerasan istri terhadap suami dalam rumah tangga di Kelurahan Mambulau Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas. Terdapat 3 kasus istri yang melakukan nusyuz dan kekerasan terhadap suami diantaranya berkata kasar, tidak menaati suami dalam hal kebaikan, keluar rumah tanpa seizin suami, perselingkuhan, mabuk-mabukan, dan melakukan tindak kekerasan fisik maupun psikis kepada suami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku nusyuz dan kekerasan istri terhadap suami dalam rumah tangga, dan juga untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya perilaku nusyuz dan kekerasan istri terhadap suami dalam rumah tangga di Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 kasus istri dikategorikan sebagai nusyuz dan kekerasan dalam rumah tangga. Pada kasus pertama istri tidak melaksanakan kewajibannya secara lahiriyah, mengonsumsi obat-obatan terlarang, dan berkomunikasi serta kabur dengan laki-laki lain. Pada kasus kedua istri berselingkuh, keluar rumah tanpa izin suami dan melakukan kekerasan verbal dengan berkata kasar kepada suami, dan mengizinkan laki-laki lain masuk ke dalam kamar tanpa seizin suami. Pada kasus ketiga, karena suami selingkuh membuat istri menelantarkan anaknya. Istri juga memukul suami di tengah orang banyak dikarenakan suami memberikan nafkah kepada anak tersebut. Faktor yang menyebabkan perilaku nusyuz dan kekerasaan istri terhadap suami dalam rumah tangga yaitu kasus pertama: karakter pribadi dalam diri dan lingkungan masa lalu istri, kasus kedua: orang ketiga yang menggunakan ilmu gaib dan ketidakmampuan dalam mengontrol emosi, dan kasus ketiga: pengalaman masa lalu yang buruk, tingkat kontrol masyarakat yang rendah, dan kurangnya ilmu pengetahuan tentang agama.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:36
Last Modified: 13 Apr 2022 05:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19057

Actions (login required)

View Item View Item