EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAKWAH BERBASIS PENGAJIAN KITAB KUNING DI MASJID AL-IKHWAN BANJARMASIN TIMUR

Rasad, M (2022) DAKWAH BERBASIS PENGAJIAN KITAB KUNING DI MASJID AL-IKHWAN BANJARMASIN TIMUR. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)
[img] Text
LAMIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Dakwah Berbasis Pengajian Kitab Kuning Di Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin timur,yang berkaitan tentang pengajian kitab kuning di masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur, ada tiga pembahasan yaitu ilmu fiqih, ilmu tauhid dan ilmu tasawuf yang diisi ulama yang cukup masyhur di kota banjarmasin yang terkenal dengan cara bercermahnya dari gaya dan bahasa. Penelitian ini bertujuan adalah mengetahui Metode dan Materi Dakwah Berbasis Pengajian Kitab Kuning di Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur, dan juga mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Pada Dakwah Berbasis Pengajian Kitab Kuning di Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paparan data secara deskriptif dan juga jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam hal ini peneliti melakukan Observasi, wawancara dan mencari dokumen terhadap subyek dan obyek yang diteliti yaitu pengurus Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur, ustaz dan jamaahnya juga proses Dakwah Berbasis Pengajian Kitab Kuning Di Masjid tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti berupa Dakwah Berbasis Pengajian Kitab Kuning Di Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur struktur yang sudah bagus, dalam metode dan Materi yang di pakai oleh para dai yaitu metode ceramah namun hanya saja cara mereka yang berbeda–beda dari metode dengan gaya yang di meliki masing masing ustaz ada yang menggunakan alat bantu seperti papan tulis, kitab kuning dan ada juga dengan peraktik langsung agar jamaah lebih memahami tentang apa yang di jelaskan dalam tiga materi yaitu ilmu fiqih, ilmu tauhid dan ilmu tasawuf Mukhtasar Minhajul Qosidin libni Qudamah ,Taqriratus Sadidah fil masail dan Shofwatut Tafaasir, Sifat Dua Puluh. Faktor pendukung dan penghambat pada masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur tidak terlalu banyak, dalam faktor penghambat dari kegiatan pengajian di masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur ini ada beberapa contohnya seperti tekhnis dari kegiatan semisal bisingnya jalanan karenakan masjid berada persis di samping jalan raya (veteran), faktor pendukung dari kegiatan pengajian di Masjid Al-Ikhwan Banjarmasin Timur ini semisalnya masalah dana yang setiap minggu pengurus memberikan makanan buat jamaah sehingga membuat jamaah khususnya anakanak suka berhadir dipengajian tersebut, dari manajemen pengurus masjid yang sangat bagus.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:28
Last Modified: 18 Apr 2022 01:28
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item