EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

DAMPAK POLITIK UANG (MONEY POLITIC) TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2020 DI KABUPATEN TANAH BUMBU (STUDI KASUS DI DESA PULAU SATU, KEC. KUSAN HILIR)

Ramadani, Syahriah (2022) DAMPAK POLITIK UANG (MONEY POLITIC) TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PILKADA 2020 DI KABUPATEN TANAH BUMBU (STUDI KASUS DI DESA PULAU SATU, KEC. KUSAN HILIR). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari adanya politik uang pada Pilkada 2020 di Tanah Bumbu, terutama yang terjadi di Desa Pulau Satu, Kecamatan Kusan Hilir yang dapat dikategorikan sebagai praktik politik uang terang-terangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui politik uang di Desa Pulau Satu, serta pengaruh politik uang terhadap tingkat partisipasi politik masyarakat pada Pilkada 2020 di Desa Pulau Satu. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian jenis sosio-legal dengan metode studi kasus, penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriktif, yakni dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai denagn permasalahan yang berhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Desa Pulau Satu, Kabupaten Tanah Bumbu. Tokoh masyarakat, ketua Rukun Tetangga, dan beberapa masyarakat di Desa Pulau Satu yang mengikuti Pilkada 2020 merupakan subjek penelitian, sementara objek penelitian adalah uang atau barang yang menjadi bahan politik uang. Cara mengumpulkan data-data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian direduksi, yakni merangkum hal-hal pokok dan penting, serta membuang hal-hal yang tidak perlu, barulah kemudian dianalisis sesuai dengan rumusan. Hasil penelitian ini adalah adanya politik uang secara umum di Desa Pulau Satu, politik uang sendiri disebut oleh warga Pulau Satu sebagai serangan fajar. Semua informan dari kalangan masyarakat biasa mengakui menerima politik uang, akan tetapi tidak mempengaruhi partisipasi mereka pada Pilkada 2020 Tanah Bumbu.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:54
Last Modified: 25 Apr 2022 02:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19105

Actions (login required)

View Item View Item