EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

FENOMENA SELFIE PEREMPUAN BERHIJAB DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWI UIN ANTASARI BANJARMASIN ”ANALISIS SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD”

Yuliani, Yuliani (2022) FENOMENA SELFIE PEREMPUAN BERHIJAB DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MAHASISWI UIN ANTASARI BANJARMASIN ”ANALISIS SIMULACRA JEAN BAUDRILLARD”. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1.PERNYATAAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2.AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (633kB)

ABSTRAK

Pesatnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah cara komunikasi masyarakat pada zaman sekarang dari yang sebelumnya samgat terbatas sekarang menjadi begitu luas. Handphone merupakan produk teknologi pada awal perilisannya memiliki kegunaan yang terbatas, namun sekarang kegunaannya semakin kompleks, terutama aplikasi kamera dan internet yang ada pada handphone sangat merubah cara dan perilaku masyarakat pada zaman sekarang yang menjadi berlebihan, seperti pada kegiatan bermedia sosial dan memotret diri sendiri atau selfie. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena selfie pada perempuan berhijab pada mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin. Fenomena terkait perilaku yang berlebihan dalam hal berfoto selfie dan foto-foto yang ditampilkan pada instagram yang telah membawa mereka terjebak dalam realitas yang tidak sebenarnya, realitas yang lebih menyenangkan dari realitas nyata. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui makna-makna yang tersirat dalam foto selfie yang ditampilkan pada instagram mahasiswi tersebut dengan menggunakan kacamata analisis Jean Baudrillard atas teori simulacra dan hiperealitasnya yang begitu relevan dalam konteks fenomena ini. Penelitian ini adalah penelitian berbasis pada riset lapangan (field reasech) yang berbasis pada pengumpulan dan pengelolaan data yang berfokus pada pembahasan mengenai fenomena selfie pada perempuan berhijab UIN Antasari Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dari observasi dan interview dengan mengamati keaktifan menggunakan instagram, kegemaran berfoto selfie, keaktifan meng-upload foto di instagram serta melakukan tanya jawab seputar hal tersebut pada mahasiswi UIN Antasari, kemudian data yang didapatkan dianalisis dengan teori simulacra Jean Baudrillard. Dari penelitian ini diperoleh bahwa kegemaran berfoto selfie dan foto yang diupload pada instagram oleh mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin tersebut tergolong dalam realitas buatan atau simulacra dan hiperealitas. Realitas simulacra adalah realitas yang dimanipulasi melampaui realitas yang realnya, sedangkan hiperealitas suatu keadaan yang mana kita tidak bisa lagi mengenali antara yang duplikat dan yang real. Dikatakan realitas simulacra dikarenakan setiap foto selfie yang diupload pada instagram telah mereka rubah berkali-kali melalui edit foto hingga tampak berbeda dari tampilan fisik mereka yang aslinya, sehingga apa yang mereka tampilkan tersebut bukanlah realitas yang aslinya. Dikatakan hiperealitas karena mereka merasakan kesenangan yang berlebihan terhadap pujian yang didapatkan pada instagram, padahal pujian itu adalah bersifat semu, yang tak diketahui kebenaran yang realnya, dan orang yang menyaksikan foto tersebut menganggap apa yang ditampilkan itu fakta realnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Jun 2022 05:02
Last Modified: 06 Jun 2022 05:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item