EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perempuan dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan dalam Perspektif Feminisme Marxis

Aidi, Ahmad (2022) Perempuan dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan dalam Perspektif Feminisme Marxis. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (918kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya feminisme pada masa sekarang ini yang mana kurang diperhatikan. Perempuan hanya dianggap sebagai pelengkap kehidupan laki-laki dan posisinya selalu berada pada posisi lebih rendah. Novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniwan merupakan salah satu novel yang membahas isu tentang permasalahan perempuan tersebut, baik dari segi kemiskinan dan kecantikan yang dialami perempuan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengangkat rumusan permasalahan yang mencakup isi novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan dan melihat novel tersebut dalam perspektif feminisme marxis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu berupa studi dokumen atau teks, yang jika meneliti sebuah karya sastra (fiksi). Selain menginterpretasi isi dokumen sebuah karya yang terpisah dari penulisnya, juga untuk menggali pikiran seseorang yang tertuang dalam karya sastra tersebut. Data penelitian ini diambil dari buku, jurnal, surat kabar, website, lalu diklasifikasi berdasarkan relevansi. Selanjutnya dianalisis menggunakan teori feminisme marxis untuk mengetahui ketertindasan apa saja yang dialami perempuan dalam novel Cantik Itu Luka. Adapun hasil dari penelitian ini adalah isi novel ini terdiri dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi plot, penokohan, latar, tempat, sudut pandang, dan gaya bahasa, sedang unsur eksentrik merupakan unsur yang berasal dari luar cerita seperti latar belakang masyarakat, latar belakang penulis, dan nilai-nilai yang ada di dalam suatu karya sastra. Penelitian ini juga mengungkap tentang sistem patiarki dan kapitalisme yang telah menindas perempuan baik di ruang domestik maupun ruang publik. Perempuan tidak memiliki kehendak yang bebas, baik di ranah domestik maupun publik mereka selalu diatur oleh laki-laki.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:36
Last Modified: 16 Jun 2022 02:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19343

Actions (login required)

View Item View Item