EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 14 TAHUN 2013 TENTANG PEMANFAATAN JALAN BAGI PEJALAN KAKI

HARTINI, LINDA (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANJARMASIN NOMOR 14 TAHUN 2013 TENTANG PEMANFAATAN JALAN BAGI PEJALAN KAKI. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (849kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Pemerintah Kota Banjarmasin telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2013 Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pemanfaatan Bagian Jalan. Peraturan Daerah ini nampak belum terimplementasi dengan baik karena ternyata banyak pelanggaran penggunaan trotoar baik itu dari Pedagang Kaki Lima bahkan masyarakat umum. Hal ini sering terjadi di wilayah Jl. Pangeran Samudera. Akibat dari pelanggaran tersebut telah menimbulkan banyak permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pemanfaatan Bagian Jalan dan upaya penegakan hukum terhadap Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pemanfaatan Bagian Jalan. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Data penelitian berupa implementasi dan upaya penegakan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat diolah dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013 masih belum berjalan dengan baik. Ini dikarenakan masih banyaknya pelanggaran terhadap penggunaan trotoar oleh masyarakat khususnya Pedagang Kaki Lima. Adapun upaya penegakan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013 sendiri dilakukan dengan tiga cara. Teguran, sanksi, dan pembinaan. Pelanggaran Peraturan ini menilai efektivitas hukum yang tentu dipengaruhi oleh pengakkan hukum, produk hukum, serta masyarakat yang harus mematuhi ketentuan hukum. Penegakan hukum yang dilakukan oleh pihak Satuan Polisi PamongPraja juga telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan hukum Islam, hanya saja terjadinya pelanggaran karena masyarakat tidak mengetahui terkait dengan adanya Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Pemanfaatan Bagian Jalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:01
Last Modified: 23 Jun 2022 02:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item