EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBEBANAN NAFKAH KEPADA ANAK (STUDI KASUS DI DESA KALUDAN KECIL KECAMATAN BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA)

Basrani, Basrani (2022) PEMBEBANAN NAFKAH KEPADA ANAK (STUDI KASUS DI DESA KALUDAN KECIL KECAMATAN BANJANG KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (506kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (777kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya beberapa suami (ayah) yang melalaikan bahkan bisa di sebut tidak melaksanakan kewajibannya karena berbagai macam sebab dan seorang suami (ayah) hanya bergantung pada penghasilan anaknya. Padahal kewajiban seorang suami yaitu menafkahi istri dan anaknya. Hal ini tentunya bertentangan dengan dalil Al-Qur‟an, Hadits dan Kompilasi Hukum Islam yang menyatakan kewajiban seorang suami itu adalah memberi nafkah dan mengayomi istri dan anaknya dan hak isteri serta hak anaknya yaitu diberi nafkah. Bukan malah anak yang menafkahi ayah dan ibunya serta adik-adiknya. Dari permasalahan tersebut Penulis tertarik meneliti tentang gambaran pembebanan nafkah kepada anak di Desa Kaludan Kecil Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara serta faktor apa saja yang membuat seorang ayah membebankan nafkah kepada anak tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode empiris yaitu penelitian yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia yang didapat melalui wawancara. Sedangkan pendekatan penelitian digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data adalah melalui wawancara dari para informan yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan 8 orang informan bahwa dalam kasus ini terdapat kelalaian seorang suami yang tidak melaksanakan kewajibannya sebagai seorang suami sekaligus kepala rumah tangga karena malas bekerja, tidak mau ikut bekerja dengan orang lain, tidak mempunyai kemampuan bekerja dan nyaman dengan penghasilan anaknya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa apa yang dilakukan oleh suami dikasus ini bertentangan dengan hak dan kewajiban dalam rumah tangga dan juga bertentangan dengan Al-qur‟an, Hadits dan Kompilasi Hukum Islam yang menyatakan kewajiban suami ialah menafkahi.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:03
Last Modified: 04 Jul 2022 03:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19515

Actions (login required)

View Item View Item