EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PADA LEMBAGA TAHFIDZ AL QUR’AN DI KOTA BANJARMASIN (STUDI MULTI SITUS PADA RUMAH TAHFIDZ AL QUR’AN AL HAROMAIN, AZ ZAHRA DAN QARYAH TAYYIBAH BANJARMASIN)

Shalehah, Mar’atun (2022) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PADA LEMBAGA TAHFIDZ AL QUR’AN DI KOTA BANJARMASIN (STUDI MULTI SITUS PADA RUMAH TAHFIDZ AL QUR’AN AL HAROMAIN, AZ ZAHRA DAN QARYAH TAYYIBAH BANJARMASIN). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
RATU AWAL 97-2003.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (256kB)
[img] Text
RATU BAB I RATU FIX 97-2003 doc.pdf

Download (719kB)
[img] Text
RATU BAB II RATU FIX 97-2003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
RATU BAB III RATU FIX 97-2003.pdf

Download (456kB)
[img] Text
RATU BAB IV RATU FIX 97-2003.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RATU BAB V RATU FIX 97-2003.pdf

Download (404kB)
[img] Text
RATU DAFTAR PUSTAKA 97-2003.pdf

Download (413kB)
[img] Text
RATU LAMPIRAN 97-2003 doc.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Manajemen Peningkatan Mutu pada lembaga pendidikan sangat penting, pada lembaga pendidikan non formal termasuk salah satunya lembaga pendidikan tahfidz al Qur’an. Melalui manajemen peningkatan mutu pada lembaga tahfidz al Qur’an dapat melakukan perbaikan secara terus menerus dalam rangka peningkatan mutu lembaga tahfidz al Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen peningkatan mutu 1) dukungan orangtua, 2) kualitas pendidik, 3) komitmen peserta didik, 4) kepemimpinan lembaga, 5) kualitas pembelajaran, 6) sumber daya, dan 7) kenyamanan sekolah pada lembaga tahfidz al Qur’an di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Data penelitian dibedakan menjadi dua, yaitu data pokok dan data penunjang, data pokok diperoleh dalam bentuk kata-kata lisan dan perilaku dari subjek terkait manajemen peningkatan mutu. Sedangkan data penunjang berupa dokumen-dokumen, foto-foto, dan benda-benda yang dapat digunakan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan dalam kata-kata atau kalimat untuk memperoleh simpulan. Sedangkan teknik pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan yang didasarkan atas empat kriteria: yaitu (1) credibility, (2) transferability, (3) dependability, (4) confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen peningkatan mutu pada lembaga tahfidz al Qur’an di Kota Banjarmasin berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari planning, organizing, actuating dan controlling yang dilakukan oleh lembaga tahfidz al Qur’an dalam manajemen peningkatan mutu dukungan orang tua, kualitas pendidik, komitmen peserta didik, kepemimpinan lembaga, kualitas pembelajaran, sumber daya dan kenyamanan sekolah yang baik sehingga lembaga pendidikan tahfidz al Qur’an dapat menggapai visi misi dan tujuan lembaga tahfidz al Qur’an dengan baik dan bermutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:57
Last Modified: 06 Jul 2022 05:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item View Item