EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pesan Dakwah Dalam Tradisi Batumbang Di Masjid Darul Amilin Desa Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar

Muhammad Rias Rasyid, Muhammad Rias Rasyid (2022) Pesan Dakwah Dalam Tradisi Batumbang Di Masjid Darul Amilin Desa Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Batumbang merupakan wujud rasa syukur kepada tuhan atas capaian yang telah didapat. Batumbang juga merupakan doa dan pengharapan insan kepada sang pencipta. Kebanyakan, yang menggelar tradisi batumbang ini adalah mereka yang mempunyai anak balita. Tak jarang kegiatan ini digelar secara sederhana, namun masyarakat di Desa Jambu Raya telah menganggap tradisi Batumbang ini merupakan sebuah adat dan dijadikan suatu tradisi turun temurun. Tradisi batumbang merupakan tradisi yang mengandung unsur-unsur islami. Pada dasarnya tradisi ini adalah ungkapan rasa syukur atas kelahirann seorang anak, dengan harapan setelah melakukan tradisi ini cepat bisa berjalan dan tumbuh menjadi anak yang sehat, sholeh, dan menjadi anak yang berguna kelak di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan deskriptifkualitatif. Data primer yang didapatkan melalui wawancara kepada tokoh agama, tokoh budaya, dan tokoh masyarakat sebagai pelaku tradisi. Untuk data sekunder diperoleh dari monografi desa dan profil desa. Data yang telah didapatkan diolah dengan tahapan pemeriksaan data, klasifikasi, serta diverifikasi, dianalisis, dan dikonklusikan. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil pesan dakwah yang dapat diambil dari tradisi Batumbang dilihat dari segi akidah dan akhlak. Pesan dakwah dalam aspek akidah berupa iman kepada Allah yaitu menyebut nama Allah, mendekatkan diri kepada Allah dan Zikrullah, iman kepada rasul yaitu meyakini bahwasanya Nabi Muhammad adalah Rasulullah dan melantunkan Selawat, iman kepada hari akhir yaitu meyakini adanya kehidupan akhirat, iman kepada qada dan qadar yaitu yakin bahwa allah sudah menentukan yang terbaik bagi hambanya, dalam aspek akhlak, bahwasanya dalam aspek akhlak terdapat akhlak terhadap Allah yaitu tawakal, syukur dan ikhlas, adab dalam melaksanakan tradisi batumbang ini yaitu seperti apa yang seharusnya dilaksanakan tidak bercanda saat melaksanakan tradisi batumbang, serta akhlak terhadap masyarakat yaitu ukhuwah islamiyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:05
Last Modified: 28 Jul 2022 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item View Item