EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Oleh Komunitas Mengajian Si Pada Anak-Anak Di Kota Banjarmasin

Hambali, Muhammad (2022) Bimbingan Keagamaan Oleh Komunitas Mengajian Si Pada Anak-Anak Di Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan sebuah tempat bimbingan keagamaan yang berbasis komunitas dijalankan oleh para remaja dalam memberikan bimbingan kepada anak-anak di Kota Banjarmasin. Objek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang memerlukan bimbingan keagamaan yang mana nanti akan menjadi penerus bangsa. Hal tersebut tidak lepas dari kreativitas remaja yang menjadi pembimbing dalam peningkatan pada anak-anak. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan keagamaan oleh komunitas Mengajian Si serta kendala yang ada di komunitas Mengajian Si dalam membimbing keagaman anak-anak di Kota Banjarmasin. Adapun jenis dari penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan pada komunitas Mengajian Si yang dikelola oleh remaja dalam membimbing anak-anak dan objeknya adalah proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dan kendala bimbingan keagamaan di komunitas Mengajian Si dalam membimbing keagamaan pada anak-anak. Adapun untuk pengumpulan data dilakukan riset dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan komunitas Mengajian Si dalam melakukan bimbingan keagamaan menggunakan kombinasi metode langsung dan tidak langsung dengan cara kekinian. Adapun materi yang diberikan meliputi bimbingan makharijul huruf, aqidah, fiqih syariah, akhlak serta materi dan bekal pengembangan diri. Sedangkan cara yang dilakukan meliputi pembelajaran yang gratis, mengadakan berbagai hadiah, memberikan berbagai atribut dan perlengkapan serta menyediakan konsumsi pada setiap pembelajarannya, dengan pembawaan kekinian dengan bahasa kesetaraan. Adapun dalam penyampaiannya juga didukung dengan fasilitas yang memadai mulai dari papan tulis sampai layar proyektor. Kendala dalam bimbingan keagamaan yang dijalankan dimulai dari administrasi yang belum sempurna, pengajar yang tidak berjadwal dan mempunyai kesibukan lain, anak-anak yang tidak konsisten hadir, materi bimbingan yang tidak merata antar tempat, tempat yang keil dibandingkan dengan anak-anak dan dekat dengan jalan, cuaca yang tidak menentu, tempat tinggal pengajar yang jauh dan kendala pada penguasaan sistem kepemimpinan dan kaderisasi komunitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhammad Hambali
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:16
Last Modified: 28 Jul 2022 07:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item