EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PELAKSANAAN KEWAJIBAN ORANG TUA YANG JARANG DI RUMAH TERHADAP ANAK (STUDI KASUS DI DESA HALONG KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN)

ASH SHIDDIQIE, MUHAMMAD HASNA (2022) PELAKSANAAN KEWAJIBAN ORANG TUA YANG JARANG DI RUMAH TERHADAP ANAK (STUDI KASUS DI DESA HALONG KECAMATAN HALONG KABUPATEN BALANGAN). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (943kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Muhammad Hasna Ash Shiddiqie. 2021. Pelaksanaan Kewajiban Orang Tua Yang Jarang Di Rumah Terhadap Anak (Studi Kasus Di Desa Halong Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah. Pembimbing: (I) Drs. H. Hamdan Mahmud, M.Ag, (II) Sa’adah, S.Ag. M.H Kata Kunci: Kewajiban, Orang Tua, Jarang Di Rumah, Anak. Berangkat dari sebuah fenomena yang terjadi di Desa Halong Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Di desa ini mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani karet dan sebagian besar lokasi kebun karet mereka berada di gunung yang jaraknya jauh dari rumah tempat tinggal mereka sehingga tidak memungkinkan untuk pulang pergi setiap hari. Hal ini otomatis berpengaruh terhadap pelaksanaan kewajiban orang tua tersebut terhadap anaknya. Sebagian besaar dari petani karet tersebut mengabaikan kewajibannya terhadap anak karena mereka jarang berada di rumah. Adapun tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kewajiban orang tua yang jarang di rumah terhadap anak di Desa Halong, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kewajiban orang tua yang jarang di rumah terhadap anak di Desa Halong, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. 3) Untuk mengetahui bagaimana dampak terhadap anak yang orang tuanya jarang berada di rumah di Desa Halong Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yaitu dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke lapangan (field research) dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan teknik editing dan deskripsi. Penulis menganalisis data yang telah terkumpul secara kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukan dua dari empat kasus orang tua yang jarang di rumah mengalihkan pelaksanaan kewajiban pengasuhan terhadap anaknya kepada orang lain. Sedangkan dua lainnya membiarkan anaknya tinggal dirumah dengan alasan sudah mampu merawat diri sendiri dan membantu merawat adiknya. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kewajiban tersebut adalah yang paling utama yaitu faktor ekonomi. Faktor yang kedua yaitu lokasi pekerjaan mereka yang jauh dari rumah. Faktor yang ketiga yaitu latar belakang pendidikan kedua orang tua, Dampak positif yang terjadi ketika orang tua jarang berada di rumah dan tidak melaksanakan kewajibannya secara utuh yaitu anak-anak menjadi lebih mandiri dan pikiran mereka lebih berkembang karena diberi kebebasan. Sedangkan dampak negatifnya yaitu anak menjadi tidak akrab dan kurang dekat dengan kedua orang tuanya.pergaulan yang terlalu bebas karena tidak ada yang mengontrol dengan siapa dia bergaul dsb.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 28 Jul 2022 23:57
Last Modified: 28 Jul 2022 23:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item