EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Komunikasi Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat

Fernanda, Arya (2022) Komunikasi Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

x, NIM, Komunikasi Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar di Channel Youtube Pemuda Tersesat, Skripsi, Kota Banjarmasin, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Antasari Banjarmasin. 2022. Pembimbing: (I) Hj. Mariyatul Norhidayati Rahmah, S.Ag, M.Si dan (II) Anita Ariani, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Komunikasi, Dakwah, Youtube Dilatar belakangi dengan hadirnya media baru (new media), seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Youtube menjadi salah satu media massa berbasis internet yang banyak digunakan oleh para da’i untuk mensyiarkan ajaran Islam.Habib Husein Ja’far adalah salah seorang pendakwah kekinian yang bergelut di media sosial khususnya YouTube. Dakwah yang diberikan terkadang jauh berbeda dengan dakwah pada umumnya karena fokus sasaran dari beliau adalah pemuda dengan pemikiran kekinian dan terkadang liberalis. Dakwahnya bertujuan untuk membangun pemikiran kepada para pemuda-pemuda yang terkadang tersesat dan lebih mengarah pada sebuah pemahaman tentang agama Islam, sehingga ceramahnya bagus untuk dinikmati oleh kalangan pemuda muslim dan orangorang yang mau belajar tentang pemahaman agana Islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dakwah apa saja yang digunakan Habib Husein Ja’far Al-Hadar di channel youtube pemuda tersesat. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis. Subjek penelitian ialah Channel YouTube Pemuda Tersesat dengan objek penelitian yakni video dari konten yang dimuat dalam channel yutube Pemuda Tersesat. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian akan dianalisis dengan reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dakwah yang digunakan Habib Husein Ja’far ialah komunikasi langsung kepada para pemuda melalui toleransi dan logika. Dari 7 Video yang menjadi objek analisa diketahui bahwa beliau memiliki komunikasi yang efektif melalui media sosial terkait dengan pengetahuan Islam dan filsafat sesuai dengan kajian Al-Qur’an dan Sunnah. Dari komunikasinya ini mampu menarik jemaah di kalangan pemuda karena kajian yang diberikan mudah dipahami serta kekinian. Habib Husein Ja’far pada Channel YouTube Pemuda Tersesat mampu memahami kebutuhan pemuda sekarang dan mampu untuk menganalogikan masalah kekinian dengan komunikasi yang disampaikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhammad Hambali
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:44
Last Modified: 29 Jul 2022 02:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item