EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 31 TAHUN 2004 TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS MENANGKAP IKAN DENGAN BAHAN DAN ALAT BERBAHAYA DI KECAMATAN BERUNTUNG BARU KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)

Basniah, Siti (2022) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO 31 TAHUN 2004 TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN (STUDI KASUS MENANGKAP IKAN DENGAN BAHAN DAN ALAT BERBAHAYA DI KECAMATAN BERUNTUNG BARU KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

. 2022. Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan Terhadap Pencemaran Lingkungan (Studi Kasus Menangkap Ikan Dengan Bahan Berbahaya dan Alat Berbahaya di Kecamatan Beruntung Baru). Kata kunci: Implementasi, Alat Berbahaya, Menagkap Ikan. Kondisi lingkungan di Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar cenderung mengalami penurunan kualitas sehingga lingkungan tersebut berkurang fungsinya atau sudah tidak berfungsi lagi untuk menunjang kehidupan dan kesejahteraan penduduk secara berkelanjutan. Penurunan kualitas lingkungan di banyak tempat terjadi terutama akibat pencemaran atau perusakan lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan faktor yang menjadi kendala penerapan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan terhadap pencemaran lingkungan di Kecamatan Beruntung Baru. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara penulis langsung ke lokasi untuk mencari informasi yang di perlukan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Provinsi Kalimantan Selatan praktik pencemaran lingkungan dan penangkapan ikan dengan bahan yang berbahaya masih berjalan hingga sekarang. Hal ini dikarenakan Implementasi UndangUndang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan masih belum efektif dijalankan. Upaya seperti sosialisasi, himbauan dan melakukan program pelatihan masih dijalankan sebatas formalitas. Tidak ada upaya tindaklanjut masalah pencemaran lingkungan sumber daya ikan. faktor yang menjadi penyebab terkendalanya implementasi Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan oleh pemerintah yaitu masalah komunikasi (communication) antara Pemerintah dengan masyarakat, masalah Sumber daya (resources) di mana Pemerintah masih kekurangan sumber daya manusia, masalah komitmen (disposition) dari aparat pelaksana, Struktur birokrasi (bureaucratic structure) berkaitan dengan kesesuaian organisasi birokrasi yang menjadi pelaksana implementasi kebijakan publik, Faktor hukumnya sendiri (undang-undang), dan masyarakat itu sendiri yang masih kurang peduli dengan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 29 Jul 2022 05:47
Last Modified: 29 Jul 2022 05:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item