EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BACAAN AL-QUR’AN SISWA TUNANETRA DI SLB A NEGERI 3 MARTAPURA

Fatimah, Fatimah (2022) BACAAN AL-QUR’AN SISWA TUNANETRA DI SLB A NEGERI 3 MARTAPURA. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (408kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Al-Qur‟an berisi bacaan yang mulia sehingga tidak boleh sembarangan dalam membacanya dan tidak boleh hanya memfokuskan pada kecepatan bacaannya saja, akan tetapi membaca Al-Qur‟an harus baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Kegiatan membaca Al-Qur‟an sebaiknya dibiasakan sejak kecil atau ketika anak telah memasuki usia sekolah. Apalagi jika anak tersebut merupakan anak tunanetra yang memiliki kekurangan dari segi penglihatannya, sehingga diperlukan bimbingan yang lebih khusus. Praktik membaca Al-Qur‟an yang biasanya dilakukan dengan melihat langsung pada mushaf Al-Qur‟an akan tetapi tidak berlaku bagi anak tunanetra. Dalam membaca Al-Qur‟an mereka menggunakan media dan metode yang berbeda dibanding anak lainnya. Adapun yang mereka gunakan dalam membaca Al-Qur‟an ialah dengan mushaf Al-Qur‟an braille yang mengandalkan kepekaan rabaan jari dan ingatan. Salah satunya yang terlaksana di SLB A Negeri 3 Martapura, sekolah yang dikhususkan bagi anak-anak tunanetra ini memberikan pendidikan dan bimbingan khusus untuk bisa membaca Al-Qur‟an. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bacaan Al-Qur‟an siswa tunanetra di SLB A Negeri 3 Martapura dan bagaimana persepsi mereka terhadap bacaan Al-Qur‟an sebagai fenomena Living Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi Living Qur’an, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bacaan Al-Qur‟an siswa tunanetra di SLB A Negeri 3 Martapura secara umum sudah dapat dikatakan baik dan sesuai dengan standar ilmu tajwid, tinggal terus berlatih agar semakin lancar dan terhindar dari berbagai kesalahan dalam membaca Al-Qur‟an. Adapun persepsi siswa tunanetra terhadap bacaan Al-Qur‟an sebagai fenomena Living Qur’an yaitu sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt., sebagai pelaksanaan kewajiban mempelajari Al�Qur‟an, bacaan Al-Qur‟an mengandung kisah-kisah yang dapat dijadikan pelajaran, bacaan Al-Qur‟an mendatangkan pahala bagi pembacanya, dan bacaan Al-Qur‟an dapat menjadikan hati tenang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:44
Last Modified: 01 Aug 2022 07:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20015

Actions (login required)

View Item View Item