EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

SELEKSI BAHAN PUSTAKA DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Shofia, Gusti Ilpu (2022) SELEKSI BAHAN PUSTAKA DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Skripsi Bagian Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Abstrak.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Skripsi Bab 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Skripsi Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Skripsi Bab 3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Skripsi Bab 4.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Skripsi Bab 5.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Skripsi Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Skripsi Lampiran.pdf

Download (647kB)

ABSTRAK

Meluasnya informasi karena perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menyebabkan jumlah publikasi yang beredar tidak lagi dapat dihitung jumlahnya, sehingga peran seleksi bahan pustaka di perpustakaan penting adanya dalam menyaring materi informasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan salah satu kegiatan dalam upaya pengembangan koleksi yaitu pelaksanaan seleksi bahan pustaka dan penggunaan alat bantu seleksi serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses seleksi bahan pustaka di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan pustakawan yang terlibat dalam kegiatan seleksi. Sedangkan objek penelitian ini adalah seleksi bahan pustaka dalam pengembangan koleksi yang dilaksanakan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan seleksi bahan pustaka, perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dalam proses seleksi memanfaatkan penyebaran google form usulan koleksi kepada pengguna untuk mendapatkan daftar buku-buku yang diperlukan pengguna. Selain itu, perpustakaan juga menggunakan alat bantu seleksi berupa katalog penerbit dan brosur untuk menambah daftar usulan koleksi dan melakukan identifikasi bahan pustaka, serta menggunakan katalog online milik perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sebagai alat verifikasi bahan pustaka. Kendala dalam proses seleksi adalah sedikitnya usulan yang diterima oleh pihak perpustakaan karena kurang adanya kesadaran dari pengguna perpustakaan dalam memanfaatkan google form untuk usulan bahan pustaka yang disediakan oleh pihak perpustakaan. Kendala lainnya adalah adanya alat bantu seleksi dari penerbit yang memuat terlalu banyak data daftar terbitan dan data tersebut tidak tersusun sesuai subjek, sehingga menyulitkan penyeleksi untuk melakukan pemeriksaan. Selain itu, daftar buku yang ditawarkan oleh pihak penerbit kebanyakan telah telah tersedia di perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:16
Last Modified: 12 Aug 2022 03:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20274

Actions (login required)

View Item View Item