EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBINAAN TAHFIZ AL-QUR’AN OLEH H. FAHRURAJI (1968-2021) DI KABUPATEN BANJAR

Zulfa, Indana (2022) PEMBINAAN TAHFIZ AL-QUR’AN OLEH H. FAHRURAJI (1968-2021) DI KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Indana Zulfa (Pernyataan keaslian tulisan).pdf

Download (335kB)
[img] Text
INDANA ZULFA.(Awal).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indana Zulfa (Abstrak).pdf

Download (316kB)
[img] Text
Indana Zulfa (Bab 1)..pdf

Download (572kB)
[img] Text
Indana Zulfa(Bab 2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
Indana Zulfa (Bab 3).pdf

Download (533kB)
[img] Text
Indana.Zulfa (Bab 4).pdf

Download (498kB)
[img] Text
Indana Zulfa (Bab 5).pdf

Download (418kB)
[img] Text
Indana Zulfa.(Daftar Pustaka).pdf

Download (424kB)
[img] Text
Indana Zulfa (Lampiran).pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini dikarenakan fenomena menjamurnya lembaga pendidikan tahfiz Al-Qur’an saat ini tengah mendapat sorotan dari berbagai lapisan masyarakat seiring dengan bermunculannya berbagai pesantren tahfiz, program tahfiz, rumah tahfiz, griya tahfiz, dan sebagainya. Perkembangan tersebut tidak lain karena adanya peran para penghafal Al-Qur’an yang berusaha menyebarluaskan dan mengajarkan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an. Salah satunya yaitu H. Fahruraji dalam pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Kabupaten Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kiprah H. Fahruraji dalam pembinaan tahfiz Al-Qur’an di Kabupaten Banjar dan untuk mengetahui kontribusi H. Fahruraji dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an peserta pembinaan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan historis. Langkah-langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kiprah H. Fahruraji dalam pembinaan tahfiz Al�Qur’an di Kabupaten Banjar terbagi menjadi 2 yaitu kiprah beliau dalam pembinaan tahfiz Al-Qur’an yang dilaksanakan di rumah beliau dan kiprah beliau dalam pembinaan training center Musabaqah Tilawatil Qur’an. Pembinaan yang dilaksanakan di rumah beliau terbagi menjadi 2 macam. Pertama, pembinaan bagi orang-orang yang ingin menghafal Al-Qur’an. Kedua, pembinaan dalam rangka persiapan menghadapi perlombaan tahfiz Al-Qur’an. Adapun kontribusi H. Fahruraji dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an peserta pembinaan adalah dengan mengoreksi kualitas hafalan, menguji kekuatan hafalan, meningkatkan semangat peserta pembinaan, mengingatkan agar senantiasa murojaah hafalan Al-Qur’an, menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan hafalan, dan memberi contoh yang baik kepada peserta pembinaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:22
Last Modified: 15 Aug 2022 07:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20312

Actions (login required)

View Item View Item