EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK DONASI UNTUK KORBAN BENCANA ALAM DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Lathifa, Nadia (2022) PRAKTIK DONASI UNTUK KORBAN BENCANA ALAM DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Praktik donasi untuk korban bencana alam yang terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, bencana alam itu mengakibatkan ratusan ribu warga kehilangan rumah dan harta benda yang terbawa arus banjir, atas peristiwa tersebut beberapa organisasi melakukan praktik donasi untuk membantu korban bencana alam yang terdampak, kerugian yang dirasakan oleh korban bencana alam membuat peran manusia sebagai makhluk sosial ingin membantu. Dari praktik tersebut ditemukan beberapa permasalahan, ada daerah yang tidak mendapatkan donasi pakaian yang padahal sangat membutuhkan donasi pakaian, di daerah lain malah ditemukannya tumpukan donasi pakaian yang terbuang sia-sia, oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai praktik donasi untuk korban bencana alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui praktik donasi untuk korban bencana alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan mengetahui perspektif hukum Islam tentang praktik donasi untuk korban bencana alam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian hukum empiris, yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi, kemudian diolah melalui proses edit, kategorisasi, dan deskripsi hingga akhirnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa; pertama, hasil donasi yang dibagikan tidak dapat memenuhi kebutuhan semua korban bencana alam karena jumlah donasi yang terbatas. Kedua, penyebab berlebihnya donasi pakaian karena pakaian yang diberikan tidak layak pakai dan tidak sesuai dengan kebutuhan korban bencana alam dan beberapa daerah yang tidak mendapatkan donasi pakaian karena sulitnya akses menuju daerah lain yang menyebabkan pakaian menumpuk disuatu daerah. Donasi dalam hukum Islam identik dengan infak berdasarkan pengertian dengan infak itu sendiri yaitu mengeluarkan sebagian dari harta atau pendapatan/penghasilan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan ajaran Islam, dan dengan berdasarkan firman Allah SWT dalam QS. al-Maidah:2 artinya “Tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah,…”

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:17
Last Modified: 29 Aug 2022 01:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item