EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Dakwah Ustadz Muhamad Arif Hakim Di Kabupaten Barito Kuala

Alamsyah, Ricky (2022) Efektivitas Dakwah Ustadz Muhamad Arif Hakim Di Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (21kB)
[img] Text
awal_.pdf

Download (403kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (622kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah ketertarikan peneliti terhadap dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Muhammad Arif Hakim yang aktip berceramah di Kabupaten Barito Kuala. Ia aktif bercemarah dari tahun 2003 hingga sekarang. Majelis tempat ia berceramah berada di dua kecamatan yang berbeda. Arif Hakim ketika menyampaikan ceramahnya selalu memperhatikan kondisi atau situasi si pendengar atau mad’u , dengan tujuan agar apa yang ia sampaikan dapat dipahami dengan mudah oleh mad’u. Selain memberikan informasi tentang ilmu agama, juga berusaha menghibur dengan dakwah nya. Tidak dapat dipungkiri dalam setiap kegiatan dakwah akan ada menuai reaksi positif atau negatif. dari reaksi tersebut pula dapat diketahui apakah dakwah yang ia sampaikan dapat memberikan dampak atau efek kepada sasaran dakwahnya. Karena suksesnya dakwah tidak hanya diukur oleh gelak tawa atau tepuk riuh dari pendengarnya. Akan tetapi dakwah juga merupakan usaha untuk mengubah way of thingking, way of feeling dan way of life. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Muhammad Arif Hakim ketika menyampaikan pesan dakwahnya. dan bagaimana efektivitas komunikasi dakwah Ustadz Muhammad Arif Hakim. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan.(field research) Penelitian lapangan merupakan penelitian yang ditujukan langsung ke lokasi yang akan diteliti, seperti didalam masyarakat, instansi ataupun perusahaan untuk mencari data kemudian diamati dan disimpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Subjek dari penelitian ini adalah Ustadz Muhammad Arif Hakim selaku da’i dan para Jemaah atau mad’u dalam kegiatan ceramah yang ia sampaikan. Adapun yang menjadi objek disini adalah bagaimana komunikasi dakwah ustadz Arif Hakim dan bagaimana efektiftivitas komunikasi dakwah yang ia lakukan. Dalam proses mengumpulkan data peneliti menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu : Observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah bagaimana cara komunikasi yang dilakukan oleh Ustadz Arif Hakim meliputi : materi, metode, dan media yang ia gunakan dalam menyampaikan dakwah dan efek atau akibat yang dimunculkan oleh dakwah yang ia lakukan. Materi yang disampaikan. berkenaan dengan akhlak dan tasawuf. Untuk metode menggunakan bi-al hikmah, maizatul hasanah dan muzadalah billati hiya ahsan. Media yang digunakan yaitu, media lisan dan media akhlak. Dan efek atau akibat yang muncul dari komunikasi dakwah yang dilakukan oleh Arif Hakim berupa pengertiaan, kesenangan, mempengaruhi sikap hubungan social yang baik dan tindakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:29
Last Modified: 09 Sep 2022 08:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20584

Actions (login required)

View Item View Item