EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemuda dalam Membangun Desa (Studi Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara)

Syafawi, Ahmad (2022) Upaya Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemuda dalam Membangun Desa (Studi Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (560kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Partisipasi pemuda dalam pembangunan sangat penting, tanpa potensi dan kreativitas generasi muda, maka pembangunan akan dapat kehilangan arah. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, mengamanatkan kepada pemerintah daerah yakni gubernur/bupati/wali kota wajib melaksanakan pelayanan kepemudaan yang tujuannya diarahkan untuk pembangunan. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa, mengamanatkan peningkatan kapasitas masyarakat yang termasuk di dalamnya kelompok pemuda. Hal tersebut menjadi amanah bagi pemerintah desa dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap kaum muda dalam proses membangun desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi pemuda membangunan Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Serta kendala yang dihadapi pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi pemuda membangunan Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini berlokasi di Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Alasan Penulis memilih lokasi tersebut adalah karena desa ini memiliki BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang merupakan no 1 ditingkat Kabupaten Hulu Sungai Utara dan mewakili HSU lomba BUMDes ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2022. Penelitian ini merupakan penelitian empiris, yaitu penelitian dengan adanya data-data di lapangan sebagai sumber data utama, seperti hasil wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan sosiologi hukum dengan metode deskriptif. Sumber data dari informan yang keseluruhan-nya berjumlah 5 orang dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis data yang terkumpul dan disajikan dalam bentuk uraian-uraian secara deskriptif. Kemudian peneliti membuat suatu kesimpulan dan rekomendasi terhadap hasil penelitian. vi Hasil penelitian ini menemukan bahwa upaya pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi pemuda membangun Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu: Pertama, melibatkan pemuda dalam proses pengambilan keputusan. Kedua, melibatkan pemuda dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. Kemudian kendala yang dihadapi oleh pemerintah desa dalam meningkatkan partisipasi pemuda membangun Desa Harusan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu: Pertama, para pemuda lebih mementingkan kepentingan dirinya sendiri. Kedua, faktor ekonomi. Ketiga, kurangnya dasar keimanan dalam diri pemuda.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 24 Oct 2022 00:27
Last Modified: 24 Oct 2022 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item