EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Ulama Kabupaten Barito Kuala Terhadap Praktik Jual Beli Akun Game Online Free Fire Lewat Grup Facebook

Aulia, Fajar (2022) Pendapat Ulama Kabupaten Barito Kuala Terhadap Praktik Jual Beli Akun Game Online Free Fire Lewat Grup Facebook. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi seringnya terjadi penipuan dalam transksi jual beli Akun game online free fire lewat grup facebook dan barang yang di perjual belikan ini tidak ada bentuk fisiknya yang membuat penjual maupun pembeli ragu dalam melakukan transaksi jaul beli akun game online free fire lewat grup facebook. Dari uraian masalah di atas, peneliti melakukan peneltian dengan meminta pendapat ulama Kabupaten Barito Kuala terhadap praktik jual beli akun game online free fire lewat grup facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat ulama Kabupaten Barito Kuala terhadap praktik jual beli akun game online free fire lewat grup facebook dan untuk mengetahui alasan dan dasar hukum ulama Kabupaten Barito Kuala terhadap praktik jual beli akun game online free fire lewat grup facebook. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan terjun ke lapangan yang berlokasi di Kabupaten Barito Kuala Peneliti melakukan wawancara terhadap 6 ulama yang menjadi informan ulama yang dimaksud ialah yang terdaftar dan tidak terdaftar di Majelis Ulama Indonesia, ulama yang membuka pengajian majelis ta’lim di tempat warga ataupun mempunyai majelis ta’lim sendiri dan ulama yang bertempat tinggal di Kabupaten Barito Kuala Berdasarkan pendapat ulama Kabupaten Barito Kuala yang telah diwawancarai tentang praktik jual beli akun game online free fire lewat grup facebook terdapat tiga kesimpuan. Pertama hukumnya haram jika tidak dilakukan dalam satu majelis atau satu tempat, mengandung unsur gharar dan penipuan berlandaskan Al-Qur’an surah An-Nisa’/4:29 dan kaidah fiqih kemudharatan harus dihilangkan. Kedua hukumnya makruh jika objeknya membawa kepada hal yang mudharat bagi pengunanya karena dari segi praktik jual belinya boleh berlandaskan Al-Qur’an surah Al-Baqarah/2:275. Ketiga hukumnya mubah apabila transaksi tersebut menggunakan jasa admin agar terhindar dari penipuan dan unsur gharar karena dari segi manfaat tidak merugikan orang lain yang dimana objek jual beli dalam game online free fire sebenarnya ada wujud secara virtual, jual beli ini boleh dilakukan dengan syarat memperhatikan akadnya yang dapat dilakukan dengan telepon atau pesan teks berlandaskan Al-Qur’an Surah Al-Baqarah/2:275 dan An-Nisa’ 4:29.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Oct 2022 05:46
Last Modified: 24 Oct 2022 05:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20910

Actions (login required)

View Item View Item