EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh BI 7-Day (Reverse) Repo Rate dan Nilai Tukar Valuta Asing terhadap Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Bank Umum Syariah di Kalimantan Selatan (Tahun 2016-2020)

Saputri, Novia (2022) Pengaruh BI 7-Day (Reverse) Repo Rate dan Nilai Tukar Valuta Asing terhadap Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Bank Umum Syariah di Kalimantan Selatan (Tahun 2016-2020). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kenaikan atau penurunan dari BI-7Day (Reverse) Repo Rate dan nilai tukar valas pada pembiayaan UMKM di Kalsel. BI-7Day (Reverse) Repo Rate dan Nilai Tukar Valuta Asing diprediksikan akan menjadi pemicu dalam penyaluran kredit dimasyarakat. Metode yang digunakan adalah kausal-asosiatif yang dilakukan terhadap data yang dikumpulkan setelah terjadinya suatu peristiwa. Identifikasi terhadap peristiwa tersebut berkenaan dengan variabel independen yaitu BI-7Day Repo Rate dan Nilai Tukar Valuta Asing, dengen variabel dependen yaitu pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil setiap bulan yang diperoleh dari laporan statistik perbankan syariah selama periode 2016-2020, untuk pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda dan alat analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan program SPSS Versi 21. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa BI-7Day (Reverse) Repo Rate didapatkan nilai sig. 0,934 lebih besar dari 0,05 yang artinya secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, dengan demikian apabila BI-7Day Repo Rate mengalami perubahan, belum tentu menurunkan atau menaikkan pembiayaan UMKM. Nilai Tukar Valuta Asing didapatkan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Oct 2022 06:45
Last Modified: 28 Oct 2022 06:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20980

Actions (login required)

View Item View Item