EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Homeschooling pada Pembelajaran Sholat di Usia 5-7 Tahun di Mushola Nur Hidayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit

Mauliyanti, Tri (2022) Homeschooling pada Pembelajaran Sholat di Usia 5-7 Tahun di Mushola Nur Hidayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Sampit. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini membahas tentang bagaimana orangtua memperkenalkan sholat kepada anak yang baru berusia 5-7 tahun melalui homeschooling sebagai lembaga pendidikan nonformal yang dibimbing oleh guru yang ahli dalam pelajaran tersebut. pengenalan ini dilakukan agar anak siap dan terbiasa melakukan sholat ketika mencapai usia yang telah ditentukan wajib sholat tanpa canggung sehingga anak dapat menjalani ibadah dengan baik. Upaya yang dilakukan oleh orangtua untuk dapat menumbuhkan jiwa keagamaan pada anak yaitu dengan mengajak anak ikut serta dalam kegiatan keagamaan yang dilakukan orangtua dan lingkungan sekitar. Guru memberikan teori dan stimulus serta praktik dengan media yang dapat dipahami dengan mudah oleh anak dan tentunya harus menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui homeschooling pada pembelajaran sholat di usia 5-7 tahun yang dilakukan oleh guru, faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan homeschooling tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reasearch) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan orangtua yang berjumlah 7 orang. Objek penelitiannya ialah perubahan yang terjadi pada anak selama belajar melalui homeschooling terutama dalam pembelajaran sholat. Tekni pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat akan diolah kemudian dianalisis dan dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa homeschooling pada pembelajaran sholat di usia 5-7 tahun di mushola Nur Hidayah masih terbilang baru akan tetapi semangat anak dan kepercayaan orangtua kepada guru membuat anak dapat belajar dengan baik dan anak juga turut mempersiapkan segala kebutuhan pembelajaran bersama orangtua. Kendala yang dialami selama pembelajaran tidak lain yaitu sikap anak yang heterogen dan tidak bisa diam sehingga membuat guru sedikit kewalahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 14 Dec 2022 05:43
Last Modified: 14 Dec 2022 05:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item