EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Putusan Hakim Tentang Pembagian Harta Bersama Akibat Percerain di Pengadilan Agama Tanjung (Studi Putusan Nomor 262/Pdt.G/2018/Pa.Tjg)

Rida, Muhammad Rasyid (2022) Analisis Putusan Hakim Tentang Pembagian Harta Bersama Akibat Percerain di Pengadilan Agama Tanjung (Studi Putusan Nomor 262/Pdt.G/2018/Pa.Tjg). Skripsi, Syariah.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (999kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
5. BAB II...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
7.BAB IV..pdf

Download (259kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Harta bersama terhitung sejak saat dilangsungkannya akad nikah sampai saat perkawinan tersebut putus, baik karena salah satu pihak meninggal atau putus karena perceraian. Jika terjadi suatu perceraian maka harta tersebut dibagi antara suami dan istri menurut perimbangan sejauh mana usaha keduanya dalam memperoleh harta tersebut. Pasal 97 KHI menyebutkan bahwa janda atau duda cerai hidup masing-masing berhak mendapat seperdua dari harta bersama sepanjang tidak ditentukan lain dalam perjanjian perkawinan. Pada putusan Nomor 262/Pdt.G/2018/PA.Tjg Majelis Hakim telah memutus pembagian tersebut menyimpang dari ketentuan yang berlaku dengan presentase untuk suami 1/3 dan istri 2/3. Hal ini disebabkan karena istri lebih berperan dalam pendapatan ekonomi untuk keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan dan dasar hukum yang digunakan oleh Majelis Hakim dalam memutus Perkara Nomor 262/Pdt.G/2018/PA. Tjg dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembagian harta bersama bagi istri yang bekerja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat studi dokumenter, Dalam hal ini datanya berupa salinan Putusan Pengadilan Agama Tanjung Nomor 262/Pdt.G/2018/PA.Tjg dalam perkara pembagian harta bersama, yaitu mengkaji dan menganalisis isi dan pertimbangan dari salinan putusan tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa putusan hakim dalam perkara Nomor 262/Pdt.G/2018/PA. Tjg sudah benar, dengan adanya contra legem sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang hakim guna menemukan hukum dengan mengesampingkan undang�undang yang telah terlulis, ketika undang-undang tersebut dirasa tidak dapat memberi rasa adil bagi pihak yang berperkara. Penerapan asas contra legem telah sesuai dan sejalan dengan ajaran Islam yang mana istri lebih dominan dalam menghasilkan harta bersama. Sebagaimana pasal 229 KHI “Hakim dalam menyelesaikan perkara-perkara yang diajukan kepadanya wajib memperhatikan dengan sungguh-sungguh nilai-nilai hukum yang hidup di masyarakat, sehingga putusannya sesuai dengan rasa keadilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 16 Dec 2022 01:01
Last Modified: 16 Dec 2022 01:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item