EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pandangan Hakim Tentang Eksekusi Hak Istri Pasca Perceraian (Studi Pengadilan Agama Pelaihari)

Rahmadi, Rahmadi (2022) Pandangan Hakim Tentang Eksekusi Hak Istri Pasca Perceraian (Studi Pengadilan Agama Pelaihari). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (771kB)

ABSTRAK

SEMA Nomor 3 Tahun 2018 menentukan bahwa istri dapat menuntut mut’ah dan nafkah iddah pada perkara cerai gugat. Pembaruan hukum ini memberikan manfaat kepada istri, akan tetapi terkadang implementasinya kurang sesuai karena nyatanya suami terkadang tidak memberikan hak istri pasca perceraian tersebut. Berangkat dari Pengadilan Agama Pelaihari untuk meneliti pandangan hakim tentang eksekusi hak istri pasca perceraian, karena beberapa ditemukan suami tidak mau melaksanakan kewajibannya untuk memberikan mut’ah dan nafkah iddah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan hakim terkait eksekusi hak istri pasca perceraian dan juga untuk mengetahui alternatif yang digunakan terkait eksekusi hak istri pasca perceraian. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris. Subjek penelitian ialah tiga orang hakim dan objek kajiannya terkait dengan eksekusi hak istri pasca perceraian. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan yakni bahwa pandangan hakim terkait eksekusi hak istri pasca perceraian banyak memiliki kendala, diantaranya ketidaktahuan akan adanya eksekusi, biaya eksekusi yang mahal sedangkan objek eksekusi tidak seberapa, bahkan suami yang tidak mau melaksanakan putusan Pengadilan. Ini menjadikan eksekusi sulit dilakukan di Pengadilan Agama Pelaihari. Pentingnya eksekusi menjadi sarana terakhir untuk dapat memberikan hak istri pasca perceraian, hanya saja bagi beberapa masyarakat tidak mampu untuk melaksanakan eksekusi tersebut. Adapun alternatif yang digunakan menurut hakim Pengadilan Agama Pelaihari adalah dengan menggunakan SEMA Nomor 2 Tahun 2019 yakni menahan akte cerai suami sebelum ia melaksanakan kewajibannya. Ini juga dinilai mendapat kendala karena masih kurang memberikan dampak yang signifikan disamping dinilai ini menghalangi hak suami untuk menikah kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:36
Last Modified: 29 Dec 2022 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21382

Actions (login required)

View Item View Item