EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pertimbangan Majelis Hakim Terhadap Gugatan Perbuatan Melawan Hukum yang di Kategorikan Sebagai Gugatan Wanprestasi (Analisis Putusan Nomor 10/Pdt.G/2019/PTA.Bjm)

Prakoso, Bagus Mukso (2022) Pertimbangan Majelis Hakim Terhadap Gugatan Perbuatan Melawan Hukum yang di Kategorikan Sebagai Gugatan Wanprestasi (Analisis Putusan Nomor 10/Pdt.G/2019/PTA.Bjm). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari suatu sengketa ekonomi syariah pembiayaan murabahah dengan gugatan perbuatan melawan hukum antara nasabah selaku penggugat dengan pihak bank syariah selaku tergugat, sengketa ini berlanjut sampai tingkat banding. Pada putusan nomor 10/Pdt.G/2019/PTA.Bjm seluruh eksepsi penggugat tidak dikabulkan dan majelis hakim mengkategorikan gugatan dari penggugat adalah gugatan wanprestasi bukan perbuatan melawan hukum, padahal menurut pengacara sudah benar menggunakan gugatan perbuatan melawan hukum. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut. Fokus penelitian ini bertujuan mengungkap pertimbangan apa saja yang digunakan majelis hakim terkait gugatan perbuatan melawan hukum yang di kategorikan sebagai gugatan wanpretasi pada putusan nomor 10/Pdt.G/019/PTA.Bjm. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Menggunakan pendekatan analitis. Pengumpulan bahan hukum dilakukan melalui studi dokumen dan studi pustaka. Bahan hukum diolah dengan cara menyeleksi, mengklasifikasi dan menyusun bahan hukum secara sistematis. Peneliti menemukan pertimbangan pertama dari majelis hakim tentang gugatan kabur (obscuur libel) dengan alasan pertama, hakim menyebutkan bahwa gugatan si penggugat bukan kasus perbuatan melawan hukum melainkan kasus wanprestasi, karena sengketa dari kedua belah pihak ini terlahir dari adanya perjanjian, menurut peneliti ini sudah tepat. Alasan kedua yang dikemukakan hakim menurut penulis kurang tepat yang mengatakan bahwa surat gugatan yang dibuat oleh penggugat tidak menyebutkan dengan terang dan jelas perjanjian mana yang merupakan dasar gugatannya, padahal dalam posita dari penggugat telah menyebutkan secara implisit berkenaan dengan hal tersebut. Pertimbangan yang kedua dari pertimbangan majelis hakim tentang kurangnya pihak dalam gugatan si penggugat, di sini peneliti sependapat tetapi majelis hakim tidak membuat dalil dari pertimbangannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:32
Last Modified: 09 Jan 2023 02:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item