EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kerjasama Mukhabarah Petani Cabai dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Desa Jaranih Kecamatan Pandawan

Rianadi, M. Diki (2023) Kerjasama Mukhabarah Petani Cabai dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Desa Jaranih Kecamatan Pandawan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kerjasama mukhabarah yang dilakukan oleh para petani cabai Di Desa Jaranih yang merasa dirugikan, akan tetapi masyarakat Desa Jaranih tetap melakukan kerjasama mukhabarah tersebut sebagai pendapatan utama. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kerjasama mukhabarah tersebut dan tingkat pendapatan ekonomi petani cabai dengan sistem kerjasama mukhabarah. Peneitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 7 orang petani cabai yang menggunakan sistem kerjasama mukhabarah Di Desa Jaranih sebagai subjek penelitian, dan perekonomian masyarakat petani cabai dengan menggunakan sistem kerjasama mukhabarah sebagai objek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik pengolahan data dalam penelitian ini dengan editing, klasifikasi, interpretasi dan matrik. Berdasarkan hasil penelitian terhadap masyarakat petani cabai yang menggunakan sistem kerjasama mukhabarah Di Desa Jaranih, penulis menemukan bahwa sebagian masyarakat Desa Jaranih menjadikan kerjasama mukhabarah dalam bidang pertanian cabai ini sebagai pendapatan utama, disamping itu terciptanya lapangan pekerjaan, adapun cara kerjasama yang dilakukan oleh masyarakat Desa Jaranih yaitu pertama pemilik tanah menawarkan tanah tersebut untuk digarap, kedua pemilik tanah memastikan agar tanah tersebut siap digunakan, ketiga pemilik tanah dan penggarap melakukan akad dan menetapkan sistem bagi hasil. Pendapatan petani cabai dengan menggunakan sistem kerjasama mukhabarah meningkat dengan pendapatan mencapai Rp. 300.000,00 – Rp. 800.000,00 / satu minggu yang sebelumnya pendapatan para petani hanya Rp. 200.000,00 / satu minggu bahkan tidak menentu.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:23
Last Modified: 11 Jan 2023 07:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21566

Actions (login required)

View Item View Item