EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Gadai Kebun Karet (Study Kasus di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten Tapin)

Chalid, Muhammad Rehan (2022) Praktik Gadai Kebun Karet (Study Kasus di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten Tapin). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang hutang piutang dengan menggadaikan tanah perkebunan karet. Faktor yang mendorong masyarakat memilih gadai adalah kebutuhan ekonomi seperti keperluan-keperluan mendesak, dimana disaat keadaan masyarakat terkena musibah dan kebutuhan keluarga yang membutuhkan uang cepat dan salah satu masyarakat untuk mendapatkan uang tersebut dengan menggadaikan barang berharga mereka. Rasa kekeluargaan yang erat mendorong masyarakat untuk bermuamalah dengan sesama warga desa. Salah satunya yaitu muamalah gadai tanah yang dilakukan antara satu individu dengan individu lainnya di desa ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk guna mengetahui dan memahami praktik gadai kebun karet di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris atau penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasikan di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten Tapin. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara ke beberapa informan yang telah memenuhi kriteria penelitian. Setelah data terkumpul kemudian diolah dengan teknik editing, deskripsi dan matriks untuk memperoleh kesimpulan hukumnya, dilakukan analisis secara kualitatif terhadap data yang tepat. Dari hasil penelitian ini di peroleh bahwa Praktik gadai tanah kebun karet di Desa Batu Ampar Kecamatan Piani Kabupaten dilakukan dengan transaksi antara penggadai dan penerima gadai, yang mana penggadai datang kerumah penerima gadai dengan maksud tujuan meminjam uang dengan jaminan tanah kebun karet, transaksi yang dilakukan secara lisan tanpa adanya surat perjanjian, tanpa pembatasan waktunya dan ada juga pemanfaatan tanah kebun karet dimanfaatkan oleh penerima gadai, hasil dari pemanfaatan tersebut diserahkan kepada murtahin selama tanah gadai belum dilunasi. Dan untuk hutang gadai dibayar tanpa ada waktu tempo pembayaran yang ditentukan. Dan untuk Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik gadai tanah yang digadaikan kembali tidak dibenarkan dalam Hukum Islam apabila tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak. Menurut Ulama Hanafiyah dan Syafi‟iyah bahwa rahin berhak memanfaatkan barang jaminan tersebut atas seizin dari murtahin. Walaupun diperbolehkan memanfaatkan barang jaminan tersebut, rahin tidak boleh menjual, mewakafkan dan menyewakan barang jaminan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:25
Last Modified: 18 Jan 2023 00:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item