EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kemampuan Menentukan Ide Pokok dan Meringkas Karangan melalui Metode Games di MIS Babussalam Pemurus Dalam

Aisyah, Siti (2022) Kemampuan Menentukan Ide Pokok dan Meringkas Karangan melalui Metode Games di MIS Babussalam Pemurus Dalam. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat keterangan keaslian tulisan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Bagian Awal skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak_Aisyah.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (851kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN fix-1.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menentukan ide pokok dan meringkas karangan karena kurangnya penguasaan keterampilan siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode permainan dalam menentukan ide pokok dan meringkas karangan di MIS Babussalam Pemurus Dalam dan mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok dan meringkas karangan melalui games di MIS Babussalam Pemurus Dalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua aspek yaitu jenis dan pendekatan penelitian. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian mixed methods dengan model Exploratory sequential design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di MIS Babussalam Pemurus Dalam sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes (post tes). Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari dua yaitu analisis data secara kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman dan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik analisis penelitian kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data secara kuantitatif meliputi skoring, tabulasi data, interpretasi, dan rata�rata. Temuan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian adalah pelaksanaan metode permainan dalam menentukan ide pokok dan meringkas karangan dapat diketahui dari perencanaan, sebelum mengajar terlebih dahulu guru membuat RPP yang disesuaikan dengan silabus yang diterapkan di madrasah, namun metode pembelajaran tidak dicantumkan dalam RPP. Pada pelaksanaannya sudah baik yang dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kemampuan siswa menentukan ide pokok dengan permainan benteng-bentengan dengan nilai rata-rata 77,39 dan berkualifikasi amat baik. Sedangkan kemampuan siswa pada materi meringkas karangan dengan menggunakan permainan tebak berantai dengan nilai rata-rata 47,39 dan berkualifikasi kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:17
Last Modified: 18 Jan 2023 01:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21715

Actions (login required)

View Item View Item