EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Akademik Siswa SMK Bina Banua Banjarmasin

Aprihaningrum, Dhianie (2023) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Akademik Siswa SMK Bina Banua Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2. AWALAN.pdf

Download (406kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (109kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (337kB)

ABSTRAK

Dhianie Aprihaningrum. 180101060491 Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Akademik Siswa SMK Bina Banua Banjarmasin, Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi Dr. H. Hidayat Ma’ruf, M.Pd dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Penulisan Helma Nur’aini, S.Psi, M.Pd, pada Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, 2022 Kata Kunci: Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Belajar Akademik Prestasi belajar merupakan suatu keberhasilan dalam pendidikan terhadap anak didik, prestasi belajar juga bukti dari usaha siswa yang dilakukan dalam kegiatan belajar guna memperoleh nilai yang memuaskan. Keberhasilan siswa dalam meraih prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal, eksternal dan cara pendekatan belajar. Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar ini bukti menunjukkan apa saja dan bagaimana dalam faktor internal, eksternal dan cara pendekatan belajar berperan penting bagi proses pendidikan yang dijalani siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam mendukung prestasi belajar akademik siswa di SMK Bina Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini diajukan untuk mendeskripsikan fenomena atau peristiwa yang sebenarnya terjadi di sekolah yang peneliti temukan dalam proses penelitian. Dari hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa faktor-faktor seperti faktor internal yang di dalam faktor ini terdapat faktor jasmani yaitu kesehatan dan cacat tubuh, faktor psikologis yaitu faktor intelegensi, perhatian, minat, bakat, dan motivasi. Faktor eskternal yang di dalamnya ada faktor lingkungan keluarga yaitu perhatian orangtua, keadaan ekonomi keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan sosial atau masyarakat dan faktor cara pendekatan belajar, semua faktor tersebut ada peran pengaruhnya dalam prestasi belajar siswa SMK Bina Banua Banjarmasin. Adapun faktor yang lebih mendominan berpengaruh dalam prestasi belajar siswa, yaitu faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan sosial atau masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 20 Jan 2023 10:33
Last Modified: 20 Jan 2023 10:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21817

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item