EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Konsep kepemilikan Harta Bersama (Studi Kritis Terhadap Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Perkawinan Tentang Harta Bersama)

Riadhusshalihin, Riadhusshalihin (2023) Analisis Konsep kepemilikan Harta Bersama (Studi Kritis Terhadap Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Perkawinan Tentang Harta Bersama). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
surat pernyataan keaslian.pdf

Download (527kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (37kB)

ABSTRAK

Dalam sebuah perkawinan di Indonesia ada beberapa ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang, diantaranya yaitu permasalahan harta bersama. Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa Harta yang diperoleh selama perkawinan menjadi harta bersama suami isteri meskipun hanya dihasilkan oleh suami atau isteri saja. Hal tersebut juga dikuatkan oleh Kompilasi Hukum Islam yang mengakui adanya harta bersama dalam perkawinan. Dengan adanya penguatan dalam KHI secara tidak langsung menunjukkan bahwa harta bersama tidak bertentangan dengan hukum islam. Namun dalam penelitian kami melalui konsep kepemilikan menurut Islam, teori maslahah mursalah, kaidah fiqhiyyah al-adah al�muhakkamah dan teori qiyas terhadap konsep syirkah dalam madzhab syafi'i menunjukkan bahwa harta bersama menyimpang dari hukum Islam, padahal mayoritas masyarakat Islam di Indonesia menganut Agana Islam. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi refrensi yang baru untuk perkembangan Hukum Islam di Indonesia terutama yang menyangkut masalah perkawinan. Dengan menggunakan pendekatan konsep dan analisis terhadap bahan kepustakaan seperti buku-buku dan kitab-kitab baik yang klasik maupun yang kontemporer karya ulama-ulama terkemuka. Jenis penelitian adalah normatif dengan Pendekatan berupa analytical approach dan conceptual approach, serta Objek penelitian adalah Undang-Undang perkawinan no 1 tahun 1974 tentang harta bersama dan Kompilasi Hukum Islam tentang harta bersama. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis kepemilikan Harta Bersama dalam perkawinan yang disinyalir dibagi dua antara suami isteri meskipun dia tidak bekerja atau salah satunya tidak bekerja ketika terjadi perpisahan serta mengetahui alternatif lain yang menggantikan konsep Harta Bersama jika terjadi perceraian karena talak atau kematian. Berdasarkan konsep kepemilikan dalam Islam, sebuah harta tidak akan berpindah dari seseorang kepada orang lain kecuali melalui sebab yang diridhoi oleh syariat. Tanpa adanya sebab, harta itu tidak akan berpindah dari pemilik asalnya. Harta yang diperoleh suami atau isteri selama perkawinan, tidak akan berubah menjadi harta bersama dan berpindah kepemilikannya ketika terjadi perceraian kepada pasangannya kecuali dengan sebab. Dengan menggunakan teori maslahah al-mursalah, kaidah al-adah al-muhakkamah dan teori qiyas memberikan hasil bahwa tidak ada sebab yang bisa dibenarkan oleh syariat untuk memindahkan vii kepemilikan dari harta yang diperoleh oleh salah satu pasangan kepada pasangannya yang lain dalam kasus harta bersama kecuali jika pasangan suami isteri tersebut sama-sama bekerja pada suatu usaha bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:51
Last Modified: 27 Jan 2023 07:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item View Item