EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upacara Balawang Tujuh pada Resepsi Perkawinan di Desa Sungai Awang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan

Alvia, Alvia (2023) Upacara Balawang Tujuh pada Resepsi Perkawinan di Desa Sungai Awang Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Perkawinan dalam masyarakat Banjar hampir dianggap sebagai perbuatan suci yang dianjurkan untuk dijalani oleh semua orang. Karena dianggap sebagai suatu hal yang sakral, maka dalam pelaksanaannya terdapat proses yang sangat panjang. Dimulai dari upacara-upcara yang dilakukan sebelum dilaksanakannya akad perkawinan hingga sampai pada puncak acara yakni pesta perkawinan atau dalam masyarakat Banjar sebut dengan bakakawinan. Di desa Sungai Awang kecamatan Lampihong kabupaten Balangan terdapat sebuah adat istiadat yang dinamakan dengan upacara balawang tujuh. Balawang tujuh adalah kegiatan yang dilakukan malam hari setelah resepsi disiang hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan upacara balawang tujuh pada resepsi perkawinan di desa Sungai Awang kecamatan Lampihong kabupaten Balangan. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui apa motivasi dan tujuan dilaksanakannya upacara balawang tujuh pada resepsi perkawinan di desa Sungai Awang kecamatan Lampihong kabupaten Balangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan antropologi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Sungai Awang kecamatan Lampihong kabupaten Balangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menerangkan bahwa balawang tujuh adalah upacara adat yang dilaksanakan di daerah kecamatan Lampihong kabupaten Balangan. Balawang tujuh adalah upacara yang dilakukan oleh pasangan pengantin yang baru menikah, umumnya dilaksanakan pada malam hari setelah resepsi di siang hari. Motivasi masyarakat desa Sungai Awang dalam pelaksanaan upacara balawang tujuh adalah rasa takut jika tidak melaksanakannya, selain itu karena adanya rasa kebersamaan antar masyarakat juga memotivasi masyarakat desa Sungai Awang untuk melaksanakan upacara balawang tujuh. Tujuan dilaksanakan upacara balawang tujuh adalah bentuk pelestarian budaya yang sudah jarang dilakukan, selain itu upacara balawang tujuh juga memiliki tujuan untuk memeriahkan pesta perkawinan. Setiap urutan peristiwa yang dilakukan dalam upacara balawang tujuh juga mengandung harapan-harapan baik untuk pasangan pengantin yang baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Feb 2023 00:19
Last Modified: 06 Feb 2023 00:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22007

Actions (login required)

View Item View Item