EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi E-Court dan E-Litigasi Perdata dalam Mewujudkan Asas Peradilan Sederhana Cepat Dan Biaya Ringan di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi pada Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II)

Sari, Ratih Mayang (2022) Implementasi E-Court dan E-Litigasi Perdata dalam Mewujudkan Asas Peradilan Sederhana Cepat Dan Biaya Ringan di Tengah Pandemi Covid 19 (Studi pada Pengadilan Negeri Tanjung Kelas II). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (935kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peradilan yang tidak sejalan dengan asas penyelenggaraan kekuasaan kehakiman.Sehingga untuk mengatasi hambatan dalam proses penyelenggaraan peradilan, Mahkamah Agung RI dalam cetak biru pembaharuan peradilan 2010-2035 mengajukan modernisasi dengan meluncurkan layanan sistem e-Court yang diatur dalam PERMA Nomor 3 Tahun 2018 yang kemudian disempurnakan dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 ditengah pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian e-Court dan eLitigasi perdata dalam mewujudkan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan pada Pengadilan Negeri Tanjung ditengah pandemi covid 19 dan untuk mengetahui keefektivitasan implementasi e-Court dan e-Litigasi perdata pada Pengadilan Negeri Tanjung ditengah pandemi covid 19. Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian jenis yuridis empiris yang kerap disinonimkan dengan penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data yang didapatkan berasal dari hasil temuan-temuan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data diantaranya melalui proses pemeriksaan data, organizing, sistematika data. Hasil dari penelitian pada pengadilan Negeri Tanjung dalam pelaksanaannya berdasarkan teori indikator Edward, teori indikator Soejono Soekanto dan teori indikator Lawrence M.Ffriedman telah efektif dalam mewujudkan asas sederhana cepat dan biaya ringan karna elemen terpenuhi dan teratasi. Kendala Pengadilan Negeri Tanjung, yaitu diantaranya adalah pemahaman pencari keadilan yang belum mengerti untuk beracara secara e-Court dan eLitigasi, pelaksanaan persidangan secara elektronik yang hanya dapat dijalankan jika semua pihak setuju untuk beracara secara elektronik, akses jaringan yang tidak merata lancar pada wilayah tanjung serta gangguan-gangguan lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:35
Last Modified: 06 Feb 2023 01:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22026

Actions (login required)

View Item View Item