EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Studi Penetapan Hakim Pengadilan Agama Marabahan Nomor186/Pdt.P/2021/PA.Mrb. dalam Perkara Dispensasi Nikah

Hadrian, Hadrian (2022) Studi Penetapan Hakim Pengadilan Agama Marabahan Nomor186/Pdt.P/2021/PA.Mrb. dalam Perkara Dispensasi Nikah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (643kB)

ABSTRAK

Penetapan hakim atas perkara dispensasi nikah berdasarkan putusan nomor 186 merupakan rekomendasi mutlak yang akan diberikan oleh pihak pengadilan kepada pemohon yang hendak menikahkan anak kandungnya kepada pasangannya yang usia anak dari pemohon tersebut belum mencapai 19 tahun (sebagaimana ketentuan dalam UU Nomor 16 Tahun 2019). Berangkat dari permasalahan ini lah, para pemohon berupaya membuat usulan dengan dilengkapi alasan-asalan yang mendesak serta bukti-bukti pendukung yang cukup agar dapat pengadilan mengabulkannya. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai alasan sosiologis berlakunya putusan hakim atas perkara dispensasi dan dasar hukum yang digunakan dalam penyelesasian perkara dispensasi nikah. Kemudian, tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui alasan sosiologis pemberlakukan putusan pengadilan dan mengetahui dasar hukum penyelesaian perkara. Kemudian terkait dari jenis penelitian yang gunakan oleh peneliti di sini mengacu pada dua bentuk jenis penelitian, yaitu bersifat Normatif. Secara substantif penelitian ini menggali informasi-informasi terkait Penetapan Hakim Pengadilan Agama dalam Penanganan Perkara Dispensasi Nikah Nomor 186 dengan menggunakan metode berikut: Wawancara dan dokumentasi, dan yang kemudian dianalisa berdasar teorit-teori yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait Studi Penetapan Hakim Pengadilan Agama Marabahan Nomor186/Pdt.P/2021/PA.Mrb dalam Perkara Dispensasi Nikah ditemukan data bahwa pemberian dispensasi oleh pihak PA tentu bisa diperoleh jika telah dilakukan pengkajian dan pertimbangan atas alasan-alasan logis dan bukti otentik yang telah diperoleh dari Pemohon, dan selanjutnya untuk dasar hukum yang digunakan oleh pihak PA dalam memberikan perlindungan atas perkara dispensasi nikah adalah aturan syar’i yang mengedepankan manfaat guna terhindarkannya dari mudharat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:17
Last Modified: 09 Feb 2023 06:17
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item