EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Perempuan dalam Tafsir Al-Qur’an (Telaah Atas Tafsir Al-Durr Al-Mantsȗr, karya Jalȃluddȋn Al-Suyȗthy)

Shabirin, Muhammad (2023) Peran Perempuan dalam Tafsir Al-Qur’an (Telaah Atas Tafsir Al-Durr Al-Mantsȗr, karya Jalȃluddȋn Al-Suyȗthy). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (990kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (730kB)

ABSTRAK

Penulisan skripsi ini adalah bertujuan untuk mengungkap dan memperkenalkan siapa saja perempuan yang berperan dalam tafsir al-Qur’an dan apa saja peran mereka. Riffat Hasan, seorang feminis muslim menyatakan bahwa: “Tradisi Islam sampai sekarang, pada umumnya, sangat ketat berpegang pada patriarki, dan tidak mendorong tumbuhnya ilmuwan dari kalangan perempuan terutama yang ahli dalam pemikiran keagamaan. Dengan demikian, sumbersumber yang menjadi landasan tradisi Islam, terutama al-Qur’an, hadis, dan fiqih, semuanya ditafsirkan hanya oleh laki-laki”. Kemudian, Amina Wadud Juga menyatakan bahwa: “karya-karya tafsir tradisional semuanya ditulis oleh lakilaki”. Hal ini berarti bahwa laki-laki dan pengalamannya serta pendapat dan penjelasannya dilibatkan dalam penafsiran. Sementara perempuan dan pengalamannya ditiadakan. Apa yang dinyatakan oleh Riffat Hasan dan Amina Wadud diatas tidaklah sepenuhnya benar, sebab dalam kitab tafsir klasik karya Jalȃluddȋn Al-Suyûthy misalnya, di dalam kitab tafsir al-Durr al-Mantsȗr beliau juga mengutip riwayat-riwayat hadis dari seorang perempuan yang berkaitan dengan tafsir al-Qur’an. Maka, tidak sepenuhnya tafsir-tafsir klasik didominasi oleh pendapat dan penjelasan dari kaum laki-laki saja. Maka, daripada itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui siapa saja perempuan yang berperan dalam tafsir al-Durr al-Mantsȗr dan apa saja peran perempuan dalam tafsir al-Durr al-Mantsȗr. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan subjek dan objeknya, semuanya dari bahan-bahan kepustakaan berupa kitab-kitab tafsir, kitab-kitab hadis, kitab-kitab ilmu tafsir dan ilmu hadis, dan sebagainya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Dokumentasi, yang mana mengumpulkan data melalui tulisan, gambar, atau karya-karya lainnya. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat diketahui bahwa perempuan juga memiliki peran dalam tafsir al-Qur’an seperti ‘Ȃisyah binti Abȗ Bakar, Asmȃ’ binti Yazȋd, Ummu Salamah, Ummu Aiman, Ummu Dardȃ’, Fȃthimah binti Qais, Hafshah binti ‘Umar, Ummu ‘Athiyah dan masih banyak lagi yang lain dari kalangan sahabat perempuan. Adapun dari kalangan tabi’ȋn seperti ‘Amrah binti Abdurrahman, Hafshah binti ‘Abdurrahman, Ummu Kultsȗm binti Abȗ Bakar dan lain sebagainya. Adapun peran meraka adalah sebagai perawi, penjelas, penanya dan sebab dari turunnya suatu ayat atau surah dalam al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Feb 2023 02:21
Last Modified: 15 Feb 2023 02:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22200

Actions (login required)

View Item View Item