EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidian Akhlak pada Remaja dalam Keluarga di Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah

Fatmala, Susi (2023) Pendidian Akhlak pada Remaja dalam Keluarga di Kecamatan Danau Seluluk Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pendidikan akhlak dalam keluarga merupakan pendidikan pertama yang dilakukan dilingkungan keluarga dalam membentuk akhlak remaja agar tidak terjadinya hal-hal yang menyimpang bagi remaja. Terjadinya penyimpangan pada remaja yang di pengaruhi oleh lingkungan seperti pergaulan bebas, hamil di luar nikah dan sebagainya. Dan dalam ini juga peneliti menemukan ternyata masih banyak remaja yang terjaga pergaulannya, mereka lebih banyak meluangkan waktu membantu orangtuanya bekerja. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti tentang pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menjelaskan materi pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak, media pendidikan akhlak serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga di kecamatan danau seluluk kabupaten seruyan Kalimantan tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun instrument penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara terhadap informan baik yang bersifat primer maupun sekunder. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah adanya materi pendidikan akhlak terhadap Allah yaitu senantiasa mengingat Allah dalam keadaan apapun dan dimanapun, senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah Swt, selalu mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah, mengerjakan shalat, berdzikir kepada Allah, mohon perlindungan kepada Allah. Selanjutnya materi pendidikan akhlak terhadap manusia yaitu adanya sikap sabar, hemat, jujur baik perkataan dan perbuatan, sopan santun, menjaga kesucian dengan menutup aurat, memiliki rasa malu, berbakti kepada orangtua, menghormati orangtua, mendoakan orangtua, bersosialisasi dengan masyarakat, tolong menolong dan hidup rukun bertetangga. Metode pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga di kecamatan danau seluluk kabupaten seruyan kalimantan tengah menggunakan metode nasihat, metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode tarhib (ancaman). Sedangkan media pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga di kecamatan danau seluluk kabupaten seruyan kalimantan tengah adalah media berbasis manusia, media cetak, dan media audiovisual seperti orangtua yang mengajar, buku tentang shalat, televisi, dan HP. Kemudian faktor pendukung dan penghambat pendidikan akhlak pada remaja dalam keluarga di kecamatan danau seluluk kabupaten seruyan Kalimantan tengah adalah lingkungan, ekonomi dan waktu yang diberikan oleh orangtua.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:43
Last Modified: 16 Feb 2023 05:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22213

Actions (login required)

View Item View Item