EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru

Munandar, Muhammad Aris (2023) Metode Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Muhammad Aris Munandar - AWAL.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

ABSTRAK

Para penghafal Al-Qur'an merupakan generasi penerus yang akan menjaga Islam dari maraknya westernisasi yang berpengaruh pada menurunnya perhatian terhadap agama, khususnya dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Isalm. Penelitian ini mengemukakan tentang metode dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru. Metode sangat mempengaruhi cepat lambatnya pencapaian dalam hafalan. Metode yang tepat dan diberikan oleh orang yang ahli dibidangnya akan memberikan dampak yang positif terhadap hasil yang ditargetkan. Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru merupakan salah satu cabang Pondok Pesantren Hidayatullah yang mana ia tersebar di berbagai provinsi. Adapun rumusan masalah yang jadi pokok bahasan disini adalah terkait penerapan metode dalam menghafal Al-Qur'an serta faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif, meliputi narasi, analisis dan klasifikasi, serta berbagai teknik yaitu teknik survei, wawancara, observasi. subjek dalam penelitian ini merupakan informan yang merupakan ustadz-ustadz serta santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode yang diterapkan dalam mengahafal Al Quran di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru serta faktor pendukung dan penghambatnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Pembelajaran Menghafal AlQur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah Banjarbaru yang diterapkan, yaitu berupa metode Takrir, Sema'an, dan Wahdah. Metode Takrir dengan mengulangi kembali hafalan yang sudah dihafalkan, metode Sema'an yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang didalamnya diisi dengan membaca dan menyima' terhadap bacaannya, dan metode Wahdah yaitu menghafal dengan cara ayat per ayat dimana ketika menambah hafalan baru, santri yang menggunakan metode ini. akan membantu pola ingatan dalam bayangan dan mampu mengkondisikan ayatayat yang akan dihafalkan. Faktor pendukung metode pembelajaran menghafal Al-Qur'an meliputi ustadz yang ahli dibidangnya, waktu yang bagus saat hafalan, pendidikan gratis, motivasi dari santri dan dukungan orang tua, adanya target hafalan, kecerdasan santri dan lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya ustadz, lemah motivasi sebagian santri, tingkat kecerdasan yang kurang, kurang serius seperti sering bercanda saat menghafal, dan maksiat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:06
Last Modified: 15 Mar 2023 01:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22321

Actions (login required)

View Item View Item