EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelestarian Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan

Fauziah, Hikmatul (2023) Pelestarian Bahan Pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAKAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pelestarian bahan pustaka penting untuk dilakukan oleh petugas perpustakaan untuk menjaga dan merawat koleksi perpustakaan agar tetap awet dan dapat terus digunakan oleh pemustaka yang membutuhkannya. Pelestarian bahan pustaka setidaknya mencakup tiga kegiatan yaitu preservasi, konservasi dan restorasi yang tujuan akhirnya adalah menjaga koleksi bahan pustaka di perpustakaan. Pelestarian bahan pustaka tersebut juga telah dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan yang pengelolaannya ditangani oleh pustakawan bidang pelestarian dan pustakawan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelestarian bahan pustaka dan mengetahui kendala yang dihadapi pustakawan dalam pelestarian bahan pustaka. Peneliti akan mengulas sistem pelestarian bahan pustaka dan mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi dalam pelestarian bahan pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan. Jenis penelitian ini adalah lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah staf pelestarian dan pustakawan. Objek penelitian meliputi pelestarian bahan pustaka dan kendala pelestarian yang dihadapi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian bahan pustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan terlaksana dengan baik, pelestarian tersebut mencakup kegiatan preservasi, konservasi dan restorasi. Kegiatan preservasi dilaksanakan dengan alih media buku menjadi bentuk file, kegiatan konservasi dilaksanakan dengan memperbaiki buku yang mengalami kerusakan berulang dan kegiatan restorasi dilaksanakan dengan memperbaiki buku yang mengalami kerusakan dari tingkat kecil hingga parah. Kendala pelestarian yang dihadapi adalah kurangnya pustakawan bidang pelestarian, kurangnya dana, kurangnya fasililitas, dan tidak sesuainya penataan ruang pelestarian dengan kebutuhan kegiatan pelestarian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:20
Last Modified: 15 Mar 2023 01:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item