EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kegiatan Sima‘an Santriwati Tahfizh Al-Quran di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Banjar

Rojiyyah, Mawaddatur (2023) Kegiatan Sima‘an Santriwati Tahfizh Al-Quran di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (967kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Menjaga hafalan Al-Quran, tidaklah hanya dilakukan dengan muroja’ah (mengulang hafalan) saja, akan tetapi juga dibutuhkan kegiatan sima‘an untuk menjaga kekokohan hafalan Al-Quran serta meminimalisir kekeliruan dan keraguan ketika membaca Al-Quran yang dihafalkan. Karena kalau tidak disimaknya hafalan dalam kegiatan sima‘an, hal tersebut akan berdampak kepada penghafal, yaitu tidak akan mengetahui letak kesalahan bacaan yang kurang teliti dibaca ketika proses menghafalkan Al-Quran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan sima‘an santriwati Tahfizh Al-Quran serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Banjar. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Banjar. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan sima‘an santriwati Tahfizh Al-Quran di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Kabupaten Banjar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan sima‘an bertujuan untuk memperkuat hafalan santriwati Tahfizh Al-Quran. Kegiatan sima‘an memiliki manfaat. Yaitu mendapat pahala baik membaca maupun mendengarkan orang membaca Al-Quran, memelihara hafalan agar tetap terjaga, bertambah lancar bacaan dan hafalan Al-Quran serta mengurangi kekeliruan ketika membaca Al-Quran. Agar lancar dalam menghafal Al-Quran ketika di depan penyimak, sangat diperlukan muraja’ah (mengulang hafalan) sebelum kegiatan sima‘an dilaksanakan. Faktor pendukung dari kegiatan sima‘an ialah adanya tempat untuk melaksanakan kegiatan, adanya penghafal dan penyimak, serta adanya dukungan dari Guru Tahfizh dan orang tua. faktor penghambatnya ialah persiapan belum matang dalam muraja’ah (mengulang hafalan), kemudian tidak ada dorongan dan semangat dari diri sendiri serta adanya kegiatan pondok pesantren yang mendadak membuat tertundanya pelaksanaan kegiatan sima‘an.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Mar 2023 00:27
Last Modified: 17 Mar 2023 00:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22348

Actions (login required)

View Item View Item