EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Usaha Guru SLB dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Soleha, Siti Annisa (2023) Usaha Guru SLB dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Anak tunagrahita memiliki kecerdasan dibawah rata-rata yang mengakibatkan keterhambatan dalam dirinya dan memiliki kekurangan salah satunya kemampuan merawat diri, anak tunagrahita tidak dapat melakukan tindakan yang dapat menolong dirinya sendiri. Salah satu cara mengembangkan potensi anak tunagrahita yaitu dengan pendidikan (sekolah luar biasa). Pendidikan di SLB Negeri 1 Pelaihari tidak terlepas dari usaha guru SLB yaitu guru PAI selaku guru mata pelajaran dalam menumbuhkembangkan kemandirian anak tunagrahita, karena guru PAI tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran tetapi juga bertanggungjawab membentuk kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan usaha guru SLB, faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkembangkan kemandirian anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, bersifat deskriptif menggunakan analisis induktif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dikonstruksikan menjadi hipotesis atau teori, dengan subjek penelitian guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMALB tunagrahita di SLB Negeri 1 Pelaihari dan objek penelitian adalah usaha guru SLB dalam menumbuhkembangkan kemandirian anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Hasil penelitian menunjukan usaha guru SLB melalui peran yang dimiliki sebagai pengajar, pembimbing, dan motivator dengan melakukan komunikasi verbal, kemudian mengarahkan, dan memberikan stimulus dalam menumbuhkembangkan kemandirian anak tunagrahita berupa mengurus diri seperti mengancing baju, adab masuk toilet, adab makan dan minum, menolong diri seperti mengontrol emosi dan menghindari diri dari benda berbahaya, bertanggung jawab mentaati peraturan sekolah dan menyelesaikan tugas dengan baik. Faktor pendukung berupa kreativitas cara mengajar dan keikhlasan hati pendidik. Faktor penghambat berupa sarana dan prasarana kurang memadai, pola asuh orang tua, dan pembawaan dari anak tunagrahita (psikisnya).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:39
Last Modified: 03 Apr 2023 01:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22495

Actions (login required)

View Item View Item