EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 2 BANJARMASIN

Sumarsih, Sumarsih (2023) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (626kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (644kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (470kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kedudukan yang sangat strategis dari kurikulum, kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Melalui kurikulum, sumber daya manusia dapat diarahkan, dan kemajuan suatu bangsa akan ditentukan. Kurikulum harus dikembangkan dan dikemas sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik, kebutuhan pembangunan nasional, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan, manajemen kurikulum anak berkebutuhan khusus beserta kendala dan solusinya di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek sekaligus informan dalam penelitian ini adalah kepala SLB, wakamat kurikulum dan guru mata pelajaran Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perencanaan kurikulum bertahap dengan melakukan identifikasi dan assesmen kemudian kurikulum dikembangakan sesuai kemempuan peserta didik. 2) Pengorganisasian kurikulum dilaksanakan Sei kurikulum dengan menyusun jadwal pelajaran dan kalender akademik. 3) Pelaksanaan kurikulum dibagi atas kurikulum sekolah dan kurikulum kelas. 4) Evaluasi kurikulum bertujuan melihat kesesuaian dan keberhasilan perencanaan kurikulum, mengembanngkan dan memperbaiki kurikulum serta mengukur kemampuan dan perkembangan siswa. 5) Kendala Penerapan kurikulum pendidikan ABK di SLB Negeri 2 Banjarmasin, yakni: kondisi dan kemampuan siswa yang beragam, kopentensi guru yang beragam, masih adanya guru yang memerlukan dorongan dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, dan terdapat perserta didik yang tidak melalui Tk. Solusi yakni: Pertama, melakukan analisis kebutuhan untuk menetukan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Kedua pembinaan dan berkomunikasi dengan guru, serta pelatihan bagi guru. Ketiga menurunkan materi pembelajaran untuk anak yang tidak melalui Tk.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 May 2023 07:26
Last Modified: 03 May 2023 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22905

Actions (login required)

View Item View Item