EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Penetapan Dispensasi Kawin pada Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan

St. Zubaidah, St. Zubaidah (2023) Analisis Penetapan Dispensasi Kawin pada Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
1. pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (100kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (561kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (630kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN9daftar riwayat hidup dan daftar tabel).pdf

Download (342kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permohonan perkara dipensasi kawin di Pengadilan Agama Kalimantan Selatan dalam kurun waktu 2019 sampai dengan 2021, dengan jumlah 3.443 perkara. Dispensasi kawin merupakan cara legal untuk melaksanakan perkawinan bagi pasangan yang belum mencapai usia kawin yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 16 tahun 2019 pada Pasal 7 ayat (1), yaitu 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan. Tidak semua permohonan dispensasi kawin yang dikabulkan oleh Hakim, tetapi ada juga yang ditolak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk analisis penetapan dispensasi kawin pada Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan statute approach-case approach. Data primer penelitian ini mencakup wawancara dengan informan penelitian, sedangkan data sekunder meliputi penetapan perkara dispensasi kawin pada 13 Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan, buku-buku dan artikel jurnal hukum, yang didapatkan melalui teknik dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ialah analisis kualitatif dengan penelitian bersifat preskriptif. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. Pertama, Pertimbangan hukum hakim Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan dalam mengadili perkara dispensasi kawin menggunakan beberapa dasar dan pertimbangan hukum, untuk menerima maupun menolak permohonan yang diajukan sepanjang bersesuaian dengan peraturan yang telah ada serta dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi calon mempelai di bawah umur. Kedua, Hakim Pengadilan Agama Kalimantan Selatan dalam mengadili perkara dispensasi kawin menggunakan metode penemuan hukum, yaitu melalui interpretasi sosiologis atau teleologis, yaitu makna Undang-Undang itu ditetapkan berdasarkan tujuan kemasyarakatan artinya peraturan perundang-undangan dengan memperhatikan nilai-nilai kemasyarakatan. Ketiga konstruksi pertimbangan dispensasi kawin pada Pengadilan Agama di Kalimantan Selatan, dalam menjahtuhkan penetapan dispensasi kawin dapat dikabulkan atau tidak, berdasarkan pada nilai-nilai yuridis, filososif dan sosilogis, yang didasarkan pada asas kepentingan terbaik bagi calon mempelai yang dimohonkan dispensasi kawin. Aspek kemaslahatan dan kemanfaatan, jaminan dan komitmen orang tua yang akan selalu memberikan bimbingan, mengarahkan dan memotivasi rumah tangga anak-anak mereka sehingga menjadi rumah tangga yang sejahtera dan bahagia sebagaimana maksud tujuan perkawinan.

Item Type: Disertasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Jun 2023 01:47
Last Modified: 20 Jun 2023 01:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item