EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendapat Dosen UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Kenaikan Harga Minyak Goreng dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Hikmah, Nurul (2023) Pendapat Dosen UIN Antasari Banjarmasin Terhadap Kenaikan Harga Minyak Goreng dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Kebutuhan dasar merupakan barang-barang yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari, terutama minyak goreng. Minyak goreng sendiri dapat dikatakan langka pada bulan Oktober 2021- Maret 2022. Kelangkaan tersebut menyebabkan naiknya harga minyak goreng di pasaran. Menurut Kementerian Perdagangan Muhammad Lutfi kelangkaan tersebut. Pertama, karena disebabkan oleh penyelundupan pasokan minyak goreng keluar negeri. Kedua, Invasi Rusia ke Ukraina yang menjadi penyebabnya; Ketiga, karena adanya fenomena panic buying dari masyarakat. Data yang diperoleh dari informan yang terlibat langsung dalam melihat kenaikan harga minyak goreng pada bulan Oktober 2021-Maret 2022, mereka mengatakan jika kenaikan harga minyak goreng disebabkan oleh kenaikan bahan baku (inflasi), dan penimbunan (ikhtikar). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapat para dosen UIN Antasari Banjarmasin terhadap penyebab kenaikan harga minyak goreng. dan untuk mengetahui bagaimana dasar hukum dari penyebab kenaikan harga minyak goreng tersebut menurut pendapat dosen UIN Antasari Banjarmasin, serta strategi yang dilakukan dalam menghadapi kenaikan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode observasi serta wawancara, dengan Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang para Dosen UIN Antasari Banjarmasin yang ada di Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa ada perbedaan pendapat dosen UIN Antasari Banjarmasin terkait dengan kenaikan harga minyak goreng pada bulan Oktober 2021-Maret 2022. Lima dosen UIN Antasari Banjarmasin menyatakan karena penimbunan. Tiga dosen UIN Antasari Banjarmasin lainnya menyatakan karena inflasi. Jika dilihat dari perspektif hukum ekonomi syariah, kenaikan harga minyak goreng ini karena inflasi maka dasar hukum yang digunakan adalah (H.R Abu Dawud No. 345 dan Ibnu Majah No. 2200) maka itu hal yang wajar dan diperbolehkan, namun jika dikarenakan penimbunan maka hal tersebut tidak diperbolehkan dalam Islam. Strategi yang dilakukan oleh pemerintah yaitu, menemukan alternatif-alternatif baru pengganti minyak goreng, pemerintah harus membatasi ekspor minyak goreng keluar negeri, dan juga minyak harus disubsidi oleh pemerintah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:15
Last Modified: 20 Jun 2023 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item