EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Bimbingan Keagamaan pada Santri di Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putra Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Fakhrurrazi, Muhammad (2023) Aktivitas Bimbingan Keagamaan pada Santri di Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putra Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (592kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Latar belakang pada aktivitas bimbingan keagamaan yang diberikan ustadz pembimbing kepada santri yang ada di Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putra bertujuan untuk membekali ilmu agama pada santri apabila sudah tidak mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Putra. Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas bimbingan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat aktivitas bimbingan keagamaan di pondok pesantren Ibnu Mas’ud putra Jarau Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas bimbingan keagamaan yang diberikan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses aktivitas bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Ibnu mas’ud Putra Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pada penelitian ini menguunakan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini ada 2 orang ustadz serta informan pendukung. Objek penelitiannya ialah bimbingan keagaaman yang diberikan ustadz kepada santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokomentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang didapat akan diolah dan dianalisis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwasanya aktivitas bimbingan keagaaman yang diberikan ustadz kepada santri belum sepenuhnya maksimal, karena belum semua santri dapat mengusai pembelajaran dipondok, maka dari itu para ustadz dapat memberikan lebih dalam lagi mengenai materi tentang bimbingan keagamaan pada santri supaya dapat lebih dipahami lagi oleh mereka. Dan apabila seorang ustadz dapat memberikan bimbingan keagamaan secara maksimal maka para santri bisa mencontohkan apa yang telah diajarkan. Terdapat 2 metode saat memberikan bimbingan keagamaan pada santri yaitu metode secara langsung dan tidak langsung dengan kedua metode itu akan lebih memudahkan para ustadz untuk memahamkan kepada santri, asas pada bimbingan keagamaan ada 5 yaitu: asas fitrah, asas kebahagian dunia dan akhirat, asas amal saleh dan akhlak al-karimah, asas mauizah al-hasanah, asas mujadalah al-ahsan, bimbingan keagamaan jua mempunyai aspek untuk dapat diberikan langsung kepada santri yaitu: aspek pembinaan mental, aspek motivasi, aspek memberi semangat, dan aspek pencerahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Jul 2023 05:34
Last Modified: 06 Jul 2023 05:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23508

Actions (login required)

View Item View Item