EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara No.9 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Studi Penertiban Pedagang Kaki Lima di Pasar Arba Kecamatan Sungai Pandan)

Hasanah, Hisa (2023) Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara No.9 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Studi Penertiban Pedagang Kaki Lima di Pasar Arba Kecamatan Sungai Pandan). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan yang terjadi di Pasar Arba Kecamatan Sungai Pandan bagi PKL dimana pelaksanaan dari Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara No. 9 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat belum sepenuhnya dapat dilaksanakan secara maksimal. Dalam pengemplementasiannya masih terdapat pelanggaran�pelanggaran oleh pedagang kaki lima yang mengakibatkan terganggunya aktivitas jalan dan beralih fungsinya bahu jalan untuk pejalan kaki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara No. 9 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Pasar Arba Kecamatan Sungai Pandan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Satpol PP, Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Sungai Pandan, pedagang kaki lima dan pengguna jalan. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksaan Peraturan Daerah Hulu Sungai Utara No. 9 Tahun 2018 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat kaitannya dengan aktivitas pada hari pasar di pasar arba Kecamatan Sungai Pandan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui editing, klasifikasi dan interpretasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Peraturan Daerah Hulu Sungai Utara No.9 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat terhadap penertiban pedagang kaki lima di Pasar Arba Kecamatan Sungai Pandan belum dapat terlaksana secara maksimal, karena disatu sisi pedagang kaki lima yang semakin banyak dan disisi lain keterbatasan lokasi untuk menampung pedagang tidak bisa dikembangkan lagi. Hal ini dapat dilihat dari sepanjang jalan menuju Pasar Arba di Kecamatan Sungai Pandan semakin di penuhi oleh pedagang kaki lima. Faktor penghambat dari penegak hukum, pedagang kaki lima ataupun masyarakat itu sendiri sehingga penerapannya tidak terlaksana dengan optimal. Faktor penghambat tersebut yaitu Kebiasaan masyarakat dan kurangnya kesadaran dalam menaati peraturan, kurangnya personil Satpol PP dan tidak adanya lahan untuk relokasi pedagang kaki lima.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:52
Last Modified: 07 Jul 2023 02:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item View Item