EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kajian Tafsir Al-Qur`an Pondok-Pondok Pesantren di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

Jamilah, Jamilah (2023) Kajian Tafsir Al-Qur`an Pondok-Pondok Pesantren di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Semakin tahun semakin berkembang kajian tafsir al-Qur`an, seperti pondokpondok pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Bati-Bati Kab. Tanah Laut, yaitu Pondok Pesantren Darussalim, Pondok Pesantren Ubudiyah, dan Pondok Pesantren Raudatul Muhibbin. Ketiganya ini merupakan pondok pesantren yang besar, unggul, dan terfavorit dengan jumlah mencapai 1.300 santri. Selain itu selalu ikut serta dalam meramaikan acara lomba Musābaqah Qirā`atil Kutub (MQK) yang diadakan setiap dua tahun sekali, sampai meraih juara tingkat Nasional. lomba ini merupakan sebuah acara yang bertujuan membangkitkan semangat dalam mempelajari kajian-kajian keislaman, seperti diantaranya mempelajari tafsir al-Qur`an. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengajaran tafsir al-Qur`an, dan corak yang mewarnai pengajaran tafsir al-Qur`an pondok-pondok pesantren Kecamatan Bati-Bati Kab. Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif jenis lapangan (field research), bertujuan menggambarkan fenomena secara lebih detail dan sistematis, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Adapun data yang diperoleh menggunakan teknik; wawancara, observasi, dokumentasi berupa foto bersama pada serangkaian acara kegiatan, jadwal pengajian, pemateri, dan tempat terselenggaranya kegiatan. Sementara Subjek dalam penelitian ini, ialah para pengajar tafsir al-Qur`an pondok-pondok pesantren yang terdapat pengajaran tafsir al-Qur`annya di wilayah Kecamatan Bati-Bati Kab. Tanah Laut. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, bahwa kitab yang dijadikan rujukan pondok-pondok pesantren di wilayah Kecamatan Bati-Bati Kab. Tanah Laut, adalah kitab Tafsīr Jalālain tingkat Wusthā, dan kitab Tafsīr Marāh Labīd untuk tingkat „Ulyā. Sedangkan yang signifikan berbeda didapati Pondok Pesantren Ubudiyah menggunakan buku pedoman khusus pengajaran tafsir al-Qur`an. Sementara metode yang guru gunakan terdapat dua model. 1) Metode Tradisional 2) Metode kombinasi, dan umumnya kebanyakan pengajar cenderung menggunakan metode yang kedua, yaitu tredisional. Sedangkan corak pengajaran tafsir al-Qur`an pondok-pondok pesantren tersebut umumnya diwarnai corak adābi ijtimā‟i, dan corak lughāwi. Dan secara spesifik yang berbeda ditemui pondok pesantren Ubudiyah yang diwarnai corak tarbawī pada pengajaran tafsir al-Qur`annya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:40
Last Modified: 14 Jul 2023 13:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23682

Actions (login required)

View Item View Item