EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Penerapan Tilang Elektronik/ETLE Berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi di Polda Kalsel)

Ismatulloh, Maulana Alifanto (2023) Efektivitas Penerapan Tilang Elektronik/ETLE Berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Studi di Polda Kalsel). Skripsi, Syariah.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (742kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) adalah sistem penegakan hukum lalu lintas yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan perangkat elektronik berupa kamera cctv. Teknologi ini akan mendeteksi berbagai macam pelanggaran lalu lintas mulai dari penggunaan telepon seluler ketika sedang berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi mobil, melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, melanggar batas kecepatan, tidak memakai helm, berkendara melawan arus, menerobos lampu merah, serta berboncengan lebih dari 3 orang. Hadirnya tilang elektronik diharapkan dapat membantu pihak kepolisian merekam pelanggaran lalu lintas, mengingat sejauh ini sudah banyak terjadi penindakan pelanggaran lalu lintas yang tidak diketahui dikarenakan petugas kepolisian tidak dapat melakukan pengawasan dalam waktu 24 jam. Maka dari itu dalam rangka menciptakan lalu lintas yang tertib, lancar dan aman, pihak kepolisian Polda Kalsel melalui Undang-Undang No 22 Tahun 2009 mengeluarkan kebijakan terbaru untuk menerapkan tilang elektronik dikota Banjarmasin yang diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat kota Banjarmasin dalam berlalu lintas serta dapat mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan tilang elektronik menurut Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dikota Banjarmasin dan apa saja kendala dalam pelaksanaannya. Jenis penelitian ini menggunakan hukum empiris dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi dan melakukan wawancara dengan pihak kepolisian lalu lintas yang menangani tilang elektronik yaitu pihak Ditlantas Polda Kalsel dan Satlantas Polresta Banjarmasin serta pada para pelanggar lalu lintas yang terekam kamera Etle. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dalam penerapan tilang elektronik melalui kamera Etle di kota Banjarmasin masih belum efektif, hal ini dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang melanggar peraturan lalu lintas setelah diterapkannya tilang elektronik, dari segi kendalanya kurangnya sosialisasi oleh pihak kepolisian lalu lintas, tidak meratanya dan kurangnya pemasangan perangkat ETLE dalam jumlah banyak, rendahnya pemahaman masyarakat mengenai peraturan lalu lintas dan sistem tilang Etle serta kurangnya kesadaran diri masyarakat mengenai keselamatan dan keamanan antar sesama pengguna jalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:26
Last Modified: 17 Jul 2023 05:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item