EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Sistem Layanan Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin

Maulida, Dina (2023) Penerapan Sistem Layanan Perpustakaan Sekolah Berbasis Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Awalan.pdf

Download (719kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan sistem layanan perpustakaan sekolah berbasis komputer di sekolah menengah kejuruan negeri 4 Banjarmasin, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem layanan perpustakaan sekolah berbasis komputer di sekolah menengah kejuruan negeri 4 Banjarmasin Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 pustakawan sekolah. Objek penelitiannya adalah penerapan sistem layanan perpustakaan sekolah berbasis komputer . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pengolahan Data dan Teknik Analisis Data yang didapat akan diolah dan dianalisis kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa Penerapan sistem layanan perpustakaan berbasis komputer atau sistem otomasi perpustakaan di perpustakaan SMK Negeri 4 Banjarmasin sudah menerapkan sistem layanan berbasis komputer awalnya menggunakan sistem manual karena tidak efektif dan sekarang menggunakan sistem layanan perpustakaan berbasis komputer SLIMS Bulian 9 sistem berbasis komputer ini untuk meringankan, menghemat waktu, mempermudah pekerjaan pelayanan perpustakaan . Kegiatan Pelayanan yang ada dalam menu SLIMS meliputi menu pengolahan bahan pustaka, layanan sirkulasi, laporan, absensi anggota, OPAC (Online Public Access Catalogue). Selain menggunakan SLIMS Perpustakaan ini juga menggunakan perpustakaan digital seperti smart library. Faktor pendukung dari penerapan layanan perpustakaan berbasis komputer di perpustakaan SMK Negeri 4 Banjarmasin adalah fasilitas gedung dan sarana memadai, para pustakawan sebagian besar memiliki kemampuan dalam menjalankan sistem otomasi ini, terstrukturnya databese buku dengan baik, minat pengunjung yang tinggi, koleksi bahan pustaka yang lumayan lengkap dari bentuk cetak maupun format digital, dana sekolah yang memadai, bersih, harum dan tersusun rapi perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan sistem laayanan perpustakaan sekolah berbasis komputer seperti kurangnya staff pustakawan, sebagian masih ada yang kurang memahami pengetahuan tentang sistem layanan perpustakaan berbasis komputer, kurangya laptop yang tidak rusak untuk para pemustaka gunakan, mati lampu yang mengakibatkan jaringan wifi lelet.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:05
Last Modified: 14 Jul 2023 13:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23709

Actions (login required)

View Item View Item