EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengembangan Modul Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan

Sainah, Nor (2023) Pengembangan Modul Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
keaslian tulisan sainah.pdf

Download (137kB)
[img] Text
SAMPUL DEPAN SKRIPSI.pdf

Download (639kB)
[img] Text
ABSTRAK Sainah T.19.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I Sainah T. 19.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II Sainah T.19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB III Sainah T.19.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB IV Sainah T. 19.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V Sainah T. 19.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Sainah T.19.pdf

Download (338kB)
[img] Text
lampiran Sainah T.19.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang dapat hidup pada habitat beragam. Banyaknya jenis tumbuhan paku yang ditemukan di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan disebabkan lokasi penelitian tersebut memiliki perkebunan karet, sawah, sungai, serta perumahan warga dan didukung dengan kondisi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan jenis tumbuhan paku. Observasi yang telah dilakukan peneliti, belum ada penelitian terkait jenis-jenis tumbuhan paku di wilayah tersebut, sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dan mengembangkannya menjadi modul sebagai sumber belajar siswa maupun mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) jenis-jenis tumbuhan paku di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, (2) kevalidan modul tumbuhan paku di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar siswa maupun mahasiswa, dan (3) Ketebacaan modul di Desa Pingaran Ulu Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar siswa maupun mahasiswa. Jenis penelitian adalah Educational Design Research (EDR) berbasis penelitian. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan data lapangan menggunakan teknik purposive sampling dan metode jelajah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket. Data lapangan selanjutnya dideskripsikan, kemudian divalidasi menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer yang dibatasi sampai uji one to one. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 13 jenis tumbuhan paku (Pteridophyta) yang meliputi Vittaria ensiformis Sw, Adiantum cuninghamii Hook, Nephrolepis cordifolia (L).C.Presl, Polypodium virginianum L, Nephrolepis biserrta (Sw).Schoot, Pyrrosia piloseloides (L).M.G.Price, Asplenium onopteris L, Drynaria quercifolia, Cyclosorus interruptus (Willd), Lycopodiella cernua (L), Drynaria quercifolia L, Platycerium grande, Lygodium venustum. Hasil persentase uji validitas adalah 81,51% (cukup valid). Hasil persentase uji one to one adalah 82,75% (sangat baik).

Item Type: Skripsi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:30
Last Modified: 17 Jul 2023 02:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item View Item