EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Arsip Surat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Rantau

Mita, Mita (2023) Pengelolaan Arsip Surat di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Rantau. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN (Mita).pdf

Download (92kB)
[img] Text
AWAL (Mita).pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I (Mita).pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II (Mita).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III (Mita).pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB IV (Mita).pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB V (Mita).pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (Mita).pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Mita).pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Arsip adalah pusat ingatan bagi setiap kegiatan karena seseorang tidak mungkin mengingat semua dokumen penting dan catatan yang kompleks. Karena itu pada setiap lembaga atau organisasi pengelolaan arsip sangatlah penting. Arsip sangat berpengaruh pada seluruh kegiatan disekolah, apabila arsip yang dimiliki sekolah kurang baik pengelolaannya, dapat mengakibatkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya, maka dari itu sebaiknya arsip dikelola menggunakan sistem pengelolaan arsip yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip surat di SMK Negeri 1 Rantau mulai dari tahap penciptaan, pendistribusian, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Kepala Bagian Tata Usaha dan Staf Tata Usaha, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengelolaan Arsip Surat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Rantau, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pengelolaan arsip surat di SMK Negeri 1 Rantau yang meliputi tahap penciptaan, pendistribusian, penyimpanan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan arsip sudah dilakukan oleh pengelola arsip. Penciptaan arsip di SMK Negeri 1 Rantau yang berstandar pada SOP yang digunakan sebagai pedoman penciptaan arsip, distribusi arsip yang telah melakukan pencatatan dengan baik dengan alur pemprosesan surat yang sesuai prosedur dengan adanya lembar disposisi, penyimpanan arsip dengan menggunakan sistem kronologi (sistem waktu), penggunaan (peminjaman) arsip dilakukan pencatatan dalam jangka waktu peminjaman 3 hari, pemeliharaan arsip dengan cara menjaga kebersihan arsip seperti memberikan kapur barus (komper) dan mengadakan penyemprotan secara berkala, penyusutan arsip dilakukan berdasarkan nilai guna arsip.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:45
Last Modified: 18 Jul 2023 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item View Item