EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengasuhan oleh Nenek pada Anak Usia Dini di RT 02 Desa Muara Ninian Kecamatan Juai Kabupaten Balangan

Dewi, Dessy Kemala (2023) Pengasuhan oleh Nenek pada Anak Usia Dini di RT 02 Desa Muara Ninian Kecamatan Juai Kabupaten Balangan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1 KEASLIAN TULISAN DESSY IDR.pdf

Download (212kB)
[img] Text
2 AWAL DESSY IDR FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 ABSTRAK DESSY IDR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
4 BAB I DESSY IDR.pdf

Download (228kB)
[img] Text
5 BAB II DESSY IDR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
6 BAB III DESSY IDR.pdf

Download (54kB)
[img] Text
7 BAB IV DESSY IDR.pdf

Download (350kB)
[img] Text
8 BAB V DESSY IDR.pdf

Download (22kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA DESSY IDR.pdf

Download (79kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN DESSY IDR.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Anak adalah titipan yang Maha Kuasa kepada orang tua yang diberi kepercayaan untuk menjaganya. Keluarga menjadi tempat belajar pertama dan utama serta lingkungan sosial pertama anak dalam membentuk karakter dan kepribadian dalam dirinya. Faktor kesibukan kerja orang tua memberikan peluang besar bagi Nenek untuk menghabiskan waktunya dalam mengasuh cucunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengasuhan oleh nenek dalam membentuk anak usia dini di Rt 02 Desa Muara Ninian Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, dan karena banyaknya anak diasuh Nenek disebabkan orang tua sibuk bekerja peneliti tertarik untuk mengangkat pembahasan tentang pengasuhan Nenek dalam membentuk anak di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Nenek yang mengasuh cucunya karena orang tuanya bekerja. Tahapan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan yang diterapkan oleh Nenek H menggunakan pengasuhan yang lebih memanjakan anak. Apabila anak melanggar dan melakukan kesalahan tidak diberi hukuman akan tetapi dinasehati dan tanpa ada sangsi. Pengasuhan yang diterapkan Nenek W menggunakan pengasuhan yang sangat terlibat dengan anak, namun tidak terlalu mengontrol mereka membiarkan melakukan apapun yang mereka inginkan. Pengasuhan yang dilakukan Nenek TR menggunakan pengasuhan dengan cara menasehati lemah lembut dan menggunakan kata yang santun. Apabila melanggar dan melakukan kesalahan akan dinasehati dan diberikan hukuman ringan. Perbedaan pengasuhan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya: tingkat pendidikan, sosial ekonomi, jumlah anak dan ambisi orang tua yang berlebihan, dan kepribadian orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:30
Last Modified: 21 Jul 2023 02:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item